oleh

Erma Tantang Pemuda Blitar Bikin Gebrakan Inovatif di Bidang Pertanian

BLITAR – Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Provinsi Jawa Timur Erma Susanti mendorong pemuda Kabupaten Blitar untuk berperan aktif dalam mengembangkan pertanian di lingkungan tempat tinggalnya.

“Pemuda sebagai sumber daya manusia harus bisa menjadi motor penggerak, terutama di masing-masing desa tempatnya tinggal,” kata Erma, Jumat (5/3/2021).

Dorongan itu dia sampaikan saat mengadakan kegiatan serap aspirasi (Reses) di Pendopo Islam Nusantara di Dusun Sekardangan, Desa Papungan, Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar. Reses tersebut diikuti seluruh perwakilan pemuda yang berasal dari berbagai kecamatan di Kabupaten Blitar, 

Erma menyebut, pemuda adalah salah satu elemen masyarakat yang masih memiliki tenaga lebih sehingga dapat leluasa melakukan gerakan-gerakan yang mengarah pada kemakmuran petani dan pertanian. 

Terutama sumbangsih pada pemikiran yang akan menjadi solusi inovatif terhadap persoalan-persoalan pertanian di lingkup daerah.

Oleh karenanya, perempuan yang juga Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Jatim yang terkenal ramah itu menantang para pemuda untuk melakukan upaya konkret guna memperbaiki maupun mengembangkan potensi pertanian yang ada di sekitarnya. 

“Saya tantang para pemuda Blitar untuk melakukan upaya konkret. Akan saya fasilitasi jika gagasan dan konsep ide yang diajukan memang benar-benar inovatif, saya tidak mau pemuda hanya pandai berbicara,” kata dia.

Dirinya tak main-main soal tantangannya itu. Erma menyebut akan membuat satu gebrakan dengan sebuah event perlombaan, dan mempersilakan pemuda untuk mengajukan proposal yang akan ia fasilitasi menggunakan anggaran Jaring Aspirasi Masyarakat (Jasmas) tahun 2022 nanti.

“Tapi ada syaratnya, proposal yang diajukan nanti harus benar-benar inovatif. Berdasarkan studi kelayakan dan riset, meski pada lingkup desa,” tuturnya

Para peserta pun menyambut baik tantangan dari Erma serta antusias untuk menindaklanjuti program tersebut. (arif)