oleh

DPC se-Jatim Diminta Lakukan Mitigasi Bencana, Untari: Ini Instruksi Ketua Umum

-Kronik-74 kali dibaca

BLITAR – Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jawa Timur Sri Untari Bisowarno mengajak DPC di 38 kabupaten-kota se-Jatim untuk melakukan mitigasi bencana di daerahnya masing-masing.

Menurutnya, mitigasi bencana yang diperintahkan langsung oleh Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri itu sebagai persiapan jika sewaktu-waktu terjadi bencana.

“Kita sebagai pengurus diinstruksikan oleh Ibu Ketua Umum melakukan simulasi bencana alam untuk menyiapkan masyarakat ketika terjadi bencana,” terang Untari, usai memimpin Musyawarah Anak Cabang se-Kabupaten Blitar di Gedung Prasada, Kanigoro, Kabupaten Blitar, Kamis (27/5/2021).

Menurutnya, Ketua Umum sangat perhatian dengan kondisi Indonesia yang rawan terjadi bencana alam. Sehingga, tambah Untari, perintah ketua umum mutlak dikerjakan oleh struktur PDI Perjuangan termasuk 38 DPC se-Jatim.

“Surat perintahnya itu tanpa tanda tangan Pak Sekjen, ibu ketua umum memberikan instruksi khusus. Kalau sudah perintah ibu ketua umum, itu di atas perintah partai,” tegas Untari.

Indonesia yang masuk dalam ring of fire, tambah Untari membuat beberapa daerah di Jawa timur rentan terkena bencana, baik gempa maupun tanah longsor. Seperfi Malang dan Blitar yang dalam waktu beberapa waktu terakhir dilanda gempa bumi.

“Blitar, Malang dan beberapa daerah  di Jatim selatan berpotensi terancam gempa, kalau blitar tidak hanya terancam tapi gempa dua kali. Bencana kedua sudah mengakibatkan beberapa fasum rusak,” tegas Untari.

Menurut Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jatim ini, pengurus DPC bisa melaksanakan mitigasi bencana dengan bekerja sama dengan BPBD ataupun Basarnas di daerahnya masing-masing. (rul/pr)