oleh

DPC Lumajang Gelar Simulasi Penanganan Bencana

-Sementara Itu...-105 kali dibaca

LUMAJANG – Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) DPC PDI Perjuangan Lumajang menyelenggarakan simulai penanganan bencana, Rabu (26/5/2021). Kegiatan dilaksanakan bekerjasama dengan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang.

Sekretaris DPC Lumajang, H Bukasan SPd, dalam sambutannya pada acara mengatakan, kegiatan tersebut merupakan intruksi langsung dari Ketum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri. Mengingat, beberapa daerah di Lumajang tergolong zona merah rawan bencana, sehingga kegiatan tersebut sangatlah perlu untuk digelar.

“Dengan simulasi ini, kita sebagai kader partai dapat mengetahui bagaimana prosedur penanganan bencana. Sehingga, disaat terjadi bencana, PDI Lumajang dapat turut serta bersama BPBD dan instansi lainnya dalam penanganan suatu bencana,” ujar Bukasan.

Bukasan, menambahkan, PDI Perjuangan akan memberikan perhatian khusus untuk urusan kebencanaan. Sehingga, dikala ada suatu bencana, melalui Baguna, PDI Perjuangan Lumajang dapat ikut serta turut membantu penanganan bencana.

“Sebagai awal, hari ini kami melakukan simulasi lapangan. Kedepan kita agendakan juga simulasi di lapangan langsung bersama masyarakat di daerah-daerah yang rawan terjadinya bencana,” jelasnya.

Lebih lanjut, Bukasan, mengatakan bahwa kedepan, PDI Perjuangan akan terus membangun kerja sama dalam urusan kebencanaan. Menurutnya, kepedulian terhadap kebencanaan juga sebagai bentuk dari tanggung jawabnya sebagai masyarakat Indonesia, terlebih sebagai kader PDI Perjangan.

“Kegiatan ini juga sebagai pioner komunitas atau organisasi lain untuk ikut serta dalam melakukan simulasi. Sehingga, dikala ada bencana, tidak hanya BPBD saja yang melakukan penanganan. Tapi komunitas atau organisasi lainnya bergotongn royong melakukan hal yang sama,” katanya. (ndy/hs)