Dikawal DPC Tulungagung, PAC Sumbergempol Gelar Konsolidasi Hadapi Pemilu 2024

 223 pembaca

TULUNGAGUNG – Pengurus Anak Cabang (PAC) PDI Perjuangan Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung menggelar konsolidasi internal di Desa Wonorejo, Minggu (2/10/2022) malam.

Meski konsolidasi internal ini merupakan agenda rutin, konsolidasi kali ini berbeda dengan biasanya karena dihadiri Ketua DPC PDI Perjuangan Tulungagung Susilowati, Wakabid Pemenangan Pemilu Heru Santoso dan Ketua Repdem Tulungagung Dio Jordy Alvian.

Ketua PAC Sumbergempol Haryono mengatakan, konsolidasi internal kali ini, lebih fokus pada sosialisasi peraturan partai Nomor 25 A atau PP 25A. Selain itu, konsolidasi internal juga membahas tentang teknis-teknis sistem pemenangan Pemilu 2024 dengan komandete stelsel.

“Pemanasan mesin partai menghadapi Pileg dan Pilpres 2024,” ungkap Haryono di Tulungagung, Senin (3/10/2022).

Sebagai Ketua PAC, Haryono mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran pengurus ranting yang telah mengirimkan data saksi untuk pemilu legislatif (Pileg) dan pemilu presiden (Pilpres) 2024 sehingga Kecamatan Sumbergempol sudah lengkap dalam menyelesaikan tugas kepartaian itu.

Sementara itu, Ketua DPC PDI Perjuangan Tulungagung Susilowati mengatakan, pengurus DPC akan selalu siap hadir dalam setiap konsolidasi rutin yang dilaksanakan PAC di setiap bulannya.

Pengurus DPC, lanjutnya, mempunyai kewajiban untuk mengawal, memberikan support kepada PAC dan pengurus Ranting agar seluruh jajaran struktural partai terus bersemangat dalam berkonsolidasi dan turun langsung ke masyarakat.

Sehingga, sebutnya, para kader partai peka terhadap lingkungan sekitar dan selalu dekat dekat dengan rakyat. Bukan dekat hanya hanya karena saat menjelang pemilu saja.

“Kami usahakan ada perwakilan dari DPC yang menghadiri. Kalau saya ada waktu pasti saya sempatkan datang,” kata Susilowati.

Senada, Wakabid Pemenangan Pemilu DPC PDI Perjuangan Tulungagung Heru Santoso mengatakan, DPC telah menghadiri kegiatan konsolidasi internal yang diselenggarakan oleh PAC, Ranting dan Anak Ranting se- Kecamatan Sumbergempol.

“Intinya, kita selaku DPC khususnya bidang Pemenangan Pemilu, menguraikan pemetaan-pemetaan partai di tiap-tiap desa, baik kekurangan maupun potensi-potensi untuk menang pemilu 2024,” kata Heru Santoso.

Berdasarkan perolehan suara pada Pemilu 2019, lanjutnya, PDI Perjuangan di Kecamatan Sumbergempol mendapat 3.761 suara. Dengan sistem pemenangan pemilu yang baru yaitu berbasis gotong royong, pihaknya optimistis wilayah Kecamatan Sumbergempol ditargetkan mendapat 10.000 suara.

Dia menambahkan, dalam konsolidasi internal PAC Sumbergempol, juga diberikan penguatan struktur partai, koordinasi dan komunikasi dengan caleg yang ditunjuk oleh partai sebagai komandan tempur hingga teknis dan gerakan di TPS-TPS.

Dalam sejarah, pada Pemilu 1999 – 2004 PDI Perjuangan di Kecamatan Sumbergempol pernah menjadi pemenang, namun pada Pemilu 2009-2019 PDI Perjuangan belum pernah menang.

Heru berharap dengan adanya sistem pembagian wilayah ini serta munculnya caleg-caleg baru yang potensial sebagai petarung dan para incumbent yang tetap gigih berjuang, akan menjadi pemicu semangat tempur. Baik para struktural, kader, anggota, simpatisan partai serta masyarakat yang ada di wilayah Kecamatan Sumbergempol. (sin/pr)