Capai 38 Persen dari Target Sasaran Vaksin, Ipuk: Berkat Peran Semua Pihak

 110 pembaca

BANYUWANGI – Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, mencatat sebanyak 508.081 warga atau sekitar 38 persen telah disuntik vaksin tahap pertama dari target sasaran 1,34 juta warga.

Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani, menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah turut mendukung program vaksinasi, hingga Kabupaten Banyuwangi berada urutan kedua tertinggi di Jawa Timur dengan capaian vaksinasi sekitar 38 persen.

 “Vaksinasi akan terus berlanjut, baik untuk dosis pertama dan kedua. Beberapa pekan ini kami mendapat tambahan alokasi vaksin. Terima kasih atas dukungan dari pemerintah pusat dan Pemprov Jatim,” kata Bupati Ipuk di Banyuwangi, Sabtu (21/8/2021).

Bupati Ipuk mengungkapkan, per 20 Agustus 2021 capaian vaksinasi dosis pertama 508.081 orang, vaksin dosis kedua 156.388 orang, dan sebanyak 4.096 tenaga kesehatan sudah mendapat suntikan dosis ketiga.

“Vaksinasi di Kabupaten Banyuwangi semakin masif, berkat peran tenaga kesehatan, TNI/Polri, para relawan, ormas, komunitas, kampus, sekolah, dan pihak lainnya,” jelasnya.

Bupati dari PDI Perjuangan ini juga mengatakan, bahwa rata-rata setiap hari ada 8.800 warga Banyuwangi yang divaksin, mulai dari vaksin dosis pertama dan dosis kedua.

“Kalau sepanjang Agustus ini rata-rata 5.800 orang divaksin tiap hari, tapi memang terus kami pacu sehingga pada lima hari terakhir bisa tembus 8.800 orang per hari. Terima kasih kepada semuanya, tentu juga kepada warga yang antusias divaksin,” tuturnya.  

Bupati Ipuk juga mengingatkan sekaligus mengajak kepada seluruh masyarakat, bahwa vaksinasi  ini adalah ikhtiar untuk melindungi warga agar semakin terlindungi dari virus Covid-19. Menurutnya, program vaksinasi sejauh ini terbukti mampu menurunkan risiko keparahan dan kematian pada pasien yang terpapar virus Covid-19.

 Sementara itu, Wakil Bupati Banyuwangi, H. Sugirah, mengatakan bahwa program vaksinasi untuk remaja juga terus digencarkan. Di beberapa SMP sudah menggelar vaksinasi pertama, saat ini mulai melaksanakan vaksinasi kedua, salah satunya SMPN 1 Banyuwangi.

 “Ayo perkuat imun kita dengan mengikuti vaksin tahap dua. Tahap dua ini penting kita ikuti, agar terbentuk kekebalan yang optimal,” kata Sugirah.

 Selain di Sekolah, Sugirah juga meninjau secara langsung pelaksanaan vaksinasi tahap dua di Gereja Kristen Jawi Wetan (GKJW) Banyuwangi dengan didampingi Pendeta Kristanto. (Set)