oleh

Bupati Karna Dorong Porang Jadi Produk Unggulan Situbondo

SITUBONDO– Bupati Situbondo, Karna Suswandi, menghadiri kegiatan panen raya perdana tanaman porang, di Desa Semambung, Kecamatan Jatibanteng, Senin (14/06/2021). Dalam sambutannya, Bupati Karna menjelaskan, tanaman porang merupakan tanaman yang memiliki banyak manfaat seperti untuk bahan baku obat dan kosmetik, sehingga memiliki nilai ekonomis yang tinggi,

“Alhamdulillah, melihat hasil panen perdana ini, saya optimis Kabupaten Situbondo bisa menjadi sentra produksi porang. Ini akan menjadi peluang besar untuk peningkatan pemasukan daerah,” ujar Karna.

Karena itu, dirinya merasa senang dengan keberhasilan panen perdana tanamanan porang yang dikembangkan di Kabupaten Situbondo. Karna juga Optimis tanaman porang akan menjadi komunitas unggulan di Kabupaten Situbondo.

Bupati yang diusung PDI Perjuangan itu pun menuturkan, dalam hitungan kasar, harga porang per-kilonya bisa mencapai Rp 7000, dapat dibayangkan jika dalam satu hektare bisa menghasilkan 30 ton porang. Maka, jika dikalikan dengan Rp 7000 perkilogram, hasilnya akan lumayan.

 “Tanaman porang mempunyai nilai komoditi tinggi. Sehingga, menjadi bahan ekspor yang menjanjikan. Ini bisa menjadikan porang sebagai produk unggulan di Kabupaten Situbondo” jelas Karna.

Saat ini, lanjut Bupati Karna, dirinya berharap dinas terkait dan camat dapat menyampaikan kepada masyarakat, bahwa tanaman porang ini sangat menjanjikan dan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat.

“Ke depan kami telah merencanakan untuk membangun pabrik porang di Kabupaten Situbondo, dengan harapan pabrik ini mampu menampung hasil panen petani porang dengan harga yang diberikan bersahabat,” tegas Karna.

Sementara itu, Ketua Perhimpunan Petani Porang Situbondo (P3Si), Junaedi, mengatakan, dirinya sangat senang panen porang perdana di Kabupaten Situbondo itu bisa dihadiri bupati secara langsung. Bagi Junaedi, ini adalah bentuk atensi dari Bupati Karna untuk mengbangkan tanaman porang.

“Ini merupakan titik awal, komunitas porang ini berkembang di Kabupaten Situbondo. Dengan hadirnya Pak Bupati Karna kami sangat berharap dukungan dari Pemkab Situbondo, agar program budidaya porang ini dapat diminati masyarakat dan mampu menopang ekonomi masyarakat,” ungkap Junaedi.

Dia berharap, dengan support dari Pemkab, akan lebih banyak lagi petani yang membudidayakan tanaman porang. Hal itu mengingat Situbondo memiliki lahan pertanian yang cukup luas, agar Situbondo dapat menjadi salah satu daerah penghasil tanaman porang terbaik di Indonesia.

“Kami berharap support dari Pak Bupati, bisa membuat lebih banyak lagi petani di Situbondo yang menanam porang. Tidak menutup kemungkinan, ke depan Situbondo bisa menjadi sentranya tanaman porang terbesar di Indonesia,” pungkas Junaedi. (ryo/set)