oleh

Bulan Bung Karno, DPC Bojonegoro Kunjungi Situs Purbakala di Desa Sraturejo

-Kabar Cabang-50 kali dibaca

BOJONEGORO – Memperingati Bulan Bung Karno, Juni tahun ini, DPC PDI Perjuangan Bojonegoro melakukan kunjungan di Desa Sraturejo, Kecamatan Baureno, Kabupaten Bojonegoro. Di desa ini terdapat situs purbakala, yakni Sumur Nganten dan Sendang Ratu.

Turut dalam kunjungan itu Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jatim Sri Untari Bisowarno dan Wakil Ketua Bidang Kebudayaan DPD Ony Setiawan. Dari pihak DPC, Ketua Abidin Fikri, Sekretaris Hasan Abrori, dan Bendahara DPC Bambang Sutriyono, serta pengurus lainnya.

Hadir dan berkumpul dalam acara itu yakni Pengurus PAC Kecamatan Baureno, Pengurus Ranting dan Anak Ranting, tokoh masyarakat, pemdes setempat, tokoh pendidikan, tokoh agama dan budayawan.

Kegiatan itu dalam rangka memperingati Bulan Juni Bulan Bung Karno. Acara itu bertema “Bhinneka Tunggal Ika, Kerja Gotong Royong Untuk Desa Maju Indonesia Kuat dan Berdaulat”.

Ketua DPC PDI Perjuangan Bojonegoro, Abidin Fikri, melalui Bambang Sutriyono menjelaskan, rombongan mengunjungi situs budaya. Yaitu situs Sumur Nganten dan Sendang Ratu. Berdasarkan keterangan para budayawan yang hadir di dua tempat tersebut, situs ini diperkirakan ada sejak abad 10 sampai abad 14. Hal ini merujuk pada bebatuan yang ditemukan di sekitar lokasi.

Di situs ini, setiap tahunnya, masyarakat berkumpul setelah panen raya untuk berdo’a bersama pada Tuhan sembari mendoakan para leluhur yang telah babat alas bumi Sraturejo. Kegiatan dikenal dengan istilah nyadran. Melaksanakan prosesi nyadran, warga bergotong royong menyiapkan tumpeng dan sebagainya.

“Acara sambang desa Pancasila di tutup dengan acara sarasehan di warung Sendang Ratu bersama semua tokoh yang hadir. Yakni Pemdes, struktural dan lainnya. Sarasehan berlangsung gayeng, santai tapi cukup berisi terkait pelaksanaan Pancasila dalam kehidupan keseharian di desa, juga membangun desa,” tandasnya. (sut/hs)