oleh

Buku Mustika Rasa, Tularkan Pengetahuan Gizi untuk Perkuat Imunitas

-Headline-25 kali dibaca

JAKARTA – DPP PDI Perjuangan mengajak pengurus dan kader partainya di seluruh Indonesia untuk terlibat membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan gizi demi memperkuat imunitas tubuh di tengah meningkatnya penularan Covid-19.

“Mari terus gelorakan kehadiran wajah partai di tengah rakyat khususnya di masa pandemi. Sehingga seluruh kader terus bergerak bersama rakyat,” kata Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto.

Hal itu dia sampaikan saat membuka webinar festival ajang karya video pendek mengenai tokoh desa/kelurahan yang akan memperebutkan Piala Megawati Kawal Pancasila dari Desa, Sabtu kemarin.

Menurut Hasto, pandemi Covid-19 memang tak mudah dihadapi. Namun yang penting, di tengah itu, harus terus digelorakan bahwa kita punya harapan.

“Di tengah pandemi ini, kita harus terus menggelorakan bahwa kita bisa sehat dari apa yang ada di lingkungan kita,” ujarnya.

Hasto menambahkan, pada titik itulah pentingnya menggelorakan terus pengetahuan tentang gizi kepada masyarakat.

Sebab gizi dan kebersihan merupakan salah satu unsur penting pembentukan imunitas atau ketahanan tubuh menghadapi paparan virus.

Dia lalu menunjukkan buku Mustika Rasa, yang berisi resep makanan khas Nusantara yang satu-satunya dibuat di era Presiden RI Soekarno. Hasto mengajak kader PDI Perjuangan seluruh Indonesia meningkatkan pengetahuan gizi masyarakat lewat isi buku itu.

Sebab di dalam buku itu, selain berisi resep, ada juga pedoman mengenai kandungan tiap tanaman lokal yang merupakan bagian dari kuliner nusantara.

Sebagai contoh, masyarakat perlu diberi tahu bahwa selain vitamin A dan C dalam bentuk tablet, ternyata vitamin itu banyak dikandung oleh mangga jenis gedong dan golek.

Vitamin A dan C juga banyak terkandung di Kembang Turi, Kemangi, hingga Ketimun. Semuanya bisa ditanam sendiri oleh masyarakat.

“Mari gelorakan kembali khasanah nusantara terkait makanan dan sayur-sayuran yang mengandung vitamin dan dapat meningkatkan imunitas tubuh kita,” tegas Hasto.

Di luar itu, Hasto mengatakan PDI Perjuangan menyadari banyak masyarakat yang kini menjalani isolasi mandiri dan kesulitan terkait kebutuhan pokok.

PDI Perjuangan sedang mempertimbangkan dapur umum yang didirikan oleh Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) PDI Perjuangan bersama pengurus DPD/DPC PDI Perjuangan

Hasto pun mengatakan PDI Perjuangan terus mendukung dan mengapresiasi keseriusan Pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin dalam menanggulangi pandemi Covid-19 yang semakin meningkat.

“PDI Perjuangan mengapresiasi langkah-langkah yang dilakukan oleh pemerintahan Presiden Jokowi dan KH Ma’ruf Amin yang di dalam situasi yang tidak mudah ini, terus membangkitkan harapan rakyat,” ucapnya.

“Dan terakhir mengingat kapasitas rumah sakit yang terbatas, kemudian bapak presiden memelopori membuka asrama-asrama haji untuk dijadikan rumah sakit darurat,” lanjut Hasto.

“Dalam situasi seperti itu, gerak partai kita tetap lakukan. Situasi pandemi Covid-19 yang kita jawab dengan terus turun ke bawah menggelorakan semangat gotong-royong, membangun harapan rakyat yang saat ini sedang menghadapi Covid-19,” pungkasnya. (goek)

Komentar