oleh

Buka Rakercab se-Dapil Jatim VII, Mindo Sianipar: Desa jadi Pusat Pemulihan Ekonomi Indonesia

-Headline-61 kali dibaca

NGAWI – Desa memiliki berbagai prasyarat untuk menjadi pusat pemulihan ekonomi akibat kontraksi ekonomi yang disebabkan pandemi Covid-19. Hal itu dikatakan Ketua Bidang Koperasi dan Peningkatan Kesejahteraan Rakyat DPP PDI Perjuangan, Ir Mindo Sianipar, saat membuka rapat kerja cabang serentak lima DPC di daerah pemilihan Jawa Timur 7, Selasa (8/6/2021).

Dalam pidatonya Mindo Sianipar menyampaikan peran penting desa sebagai basis pemulihan ekonomi nasional. Hal itu sebagaimana tema rapat kerja nasional mendatang yang bertema ‘Desa Kuat, Indonesia Maju dan Beradab’ yang digagas Ketua Umum Megawati Soekarnoputri.

“Ibu Ketua Umum telah memutuskan tema rakernas adalah ‘Desa Kuat Indonesia Maju dan Beradab’ dengan subtema ‘Desa Tamansari Kemajuan Nusantara’. Desa menjadi sentral. Saudara-saudara ditengah pandemi seperti sekarang ini, desa menjadi begitu aman dalam proses recovery ekonomi Indonesia,” kata Mindo Sianipar dalam sambutannya melalui sambungan internet.

Disebutkan Mindo Sianipar, pemulihan ekonomi Indonesia bisa dilakukan apabila desa kuat. Dan desa masih memiliki alat produksi, masih memiliki tanah, dan sumber daya manusia desa masih memiliki sifat gotong royong.

“Jadi, desa menjadi sentral untuk recovery ekonomi Indonesia,” ujar Mindo Sianipar.

Pembukaan rakercab serentak dapil Jatim VII dipusatkan di Gedung Fatmawati DPC PDI Perjuangan Ngawi. DPC lain yang mengikuti seremoni pembukaan secara hybrid yakni DPC Ponorogo, Pacitan, Trenggalek dan Magetan.

Hadir dalam rakercab di Ngawi yakni Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Jatim, Yohanes Ristu Nugroho; Sekretaris DPD Jatim, Dr Sri Untari serta anggota DPRD Jatim Dapil VII, Diana AV Sasa.

Sekretaris DPD Jatim, Sri Untari Bisowarno dalam penyampaian laporannya mengatakan, instruksi DPP tentang peringatan Bulan Bung Karno telah dilaksanakan oleh seluruh cabang di Jatim. Peringatan dengan menggelar berbagai kegiatan sesuai dengan tema Bulan Bung Karno tahun ini.

Lebih lanjut dikatakan Sri Untari, usai rakercab di DPC Ngawi, akan dilaksanakan sambang desa. Hal itu sebagaimana dengan intruksi DPP.

“Maka pada hari ini, DPC PDI Perjuangan Ngawi akan berkunjung ke Desa Widodaren. Sebagaimana intruksi DPP Partai setelah pelaksanaan rakercab diminta untuk berkunjung ke salah satu desa yang mampu mengimplemantasikan nilai-nilai Pancasila dan Trisakti Bung Karno,” papar Sri Untari.

“Sehingga kami bisa menyampaikan kepada Bapak Ketua DPP, bahwa Jawa Timur siap untuk bisa melaksanakan Bulan Bung Karno satu bulan penuh ini dengan kegiatan yang merujuk pada ketentuan yang telah diberikan DPP Partai,” imbuhnya. (mmf/hs)

Komentar