oleh

Bendungan Tugu di Area Strategis, Mas Ipin: Bisa Jadi Sarana Wisata Menarik

-Kronik-25 kali dibaca

TRENGGALEK – Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin bersama Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Brantas Muhamad Rizal melakukan pengisian tahap awal (impounding) bendungan Tugu Trenggalek, Selasa (21/9/2021).

Bendungan di Kecamatan Tugu ini bisa menjadi area wisata yang mampu menarik orang untuk datang. Sebab, bendungan ini berada di lokasi strategis, yakni di KM 15 Jalan Raya Trenggalek-Ponorogo yang merupakan akses jalan nasional.

Bupati Nur Arifin mengatakan, potensi wisata itu ditunjang juga oleh keberadaan tempat perisirahatan Anjungan Cerdas yang lokasinya bersebelahan dengan Bendungan Tugu.

“Potensi wisata tentu saja karena ini saling terkoneksi dengan infrastruktur lain. Jadi ini bisa menjadi kawasan wisata yang terintegrasi,” kata bupati yang akrab disapa Mas Ipin itu.

Untuk menunjang hal tersebut, pihaknya bersama BBWS Brantas akan menggarap atraksi wisata yang bisa ditawarkan ke orang-orang untuk berkunjung ke tempat tersebut.

Mas Ipin menjabarkan manfaat lain dari keberadaan Bendungan Tugu. Yakni pemenuhan kebutuhan air irigasi untuk lahan seluas 1.200 hektare (ha), penyediaan air baku sebesar 12 liter per detik, dan penganggulangan bencana banjir tahunan dengan pengurangan debit sebesar 76,21 meter kubik per detik.

“Nanti akan kami pastikan target dari manfaat itu bisa benar-benar terlaksana,” sambung Ketua DPC PDI Perjuangan Trenggalek ini.

Mas Ipin juga ingin Bendungan Tugu berfungsi sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dengan kapasitas 7,5 megawatt. “Sehingga Bendungan Tugu ini nanti bisa lebih bermanfaat,” kata dia.

Kepala BBWS Brantas Mohammad Rizal menambahkan, setiap bendungan memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Termasuk Bendungan Tugu di Kabupaten Trenggalek.

“Dibandingkan dengan bendungan di tempat lain, ini saya kira lokasinya bagus sekali karena berada di pinggir jalan nasional,” kata Rizal.

Keunggulan di sisi lokasi yang strategis itu membuat Bendungan Tugu punya nilai wisata yang baik.

“Kami mendorong pelajar-mahasiswa untuk belajar juga, ada tempat edukasi juga, banyak sekali manfaatnya,” kata Rizal. (goek)

Komentar