oleh

Baru Jokowi, Presiden RI yang Kunjungi Miangas

pdip-jatim-jokowi-saat-di-miangasTALAUD – Joko Widodo menjadi Presiden RI pertama sepanjang sejarah Indonesia yang berkunjung ke Pulau Miangas, Kabupaten Talaud, Sulawesi Utara.

Kedatangan Jokowi ke pulau paling utara wilayah RI pada Rabu (19/10/2016) ini untuk meresmikan Bandara Miangas yang baru selesai dibangun.

“Dari sejarah Republik Indonesia, baru kali ini presiden bisa berkunjung,” kata Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey.

Oleh karena itu, sebut Olly, penduduk Miangas sangat senang dengan kehadiran Jokowi. Apalagi, jelas dia, mayoritas penduduk di pulau ini memilih Jokowi pada Pilpres 2014 lalu.

“Dari 800 penduduk disini yang memilih bapak 90 persen. Yang 10 persen lagi melaut,” ujar pria yang juga Bendahara Umum DPP PDI Perjuangan ini, saat menyambut kedatangan Jokowi.

Di acara peresmian Bandara Miangas tersebut, Jokowi menginginkan agar pulau-pulau terdepan menjadi beranda terdepan Indonesia, bukan hanya sekadar halaman belakang. Oleh karena itu, pulau-pulau  terdepan seperti Miangas betul-betul diperhatikan pemerintah, dan terus akan dibangun.

“Kita membangun di seluruh wilayah Indonesia, tidak hanya di wilayah Jawa dan Sumatera saja. Tapi kita bangun Indonesia dari depan,  pinggiran, dari perbatasan,” kata Jokowi

Dengan peresmian Bandara itu, Presiden menegaskan, posisi Pulau Miangas bukan lagi sebuah pulau kecil di antara 17 ribu pulau. Tapi Miangas adalah wajah terdepan Indonesia yang strategis.

Sebagai pulau yang memiliki posisi paling utara dari wilayah Indonesia, jarak dari Miangas ke Filipina hanya 48 mil laut, sedangkan ke Melonguane, Ibukota Kabupaten Kepualauan Talaud berjarak 129 mil laut dan ke Manado memiliki jarak 227 mil laut.

“Kita tunjukkan ke negara tetangga kita  bahwa beranda depan Indonesia itu daerah yang dirawat, dibangun dan patut kita banggakan,” ucap Jokowi. (goek)