Bantu Warga Terdampak Erupsi Semeru, Bung Karna Kirim Relawan dan Logistik

 73 pembaca

SITUBONDO – Bupati Situbondo Karna Suswandi memberangkatkan puluhan relawan gabungan dari berbagai instansi, serta ribuan paket logistik untuk membantu warga yang terdampak bencana erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Senin (6/12/2021).

“Alhamdulillah, hari ini kami berangkatkan personel dari Pusdalops BPBD, Tagana (Dinas Sosial), Palang Merah Indonesia (PMI), Satpol PP dan Baznas, untuk membantu saudara kita yang terdampak bencana erupsi Gunung Semeru di Lumajang,” kata Bupati Karna, saat pemberangkatan personel gabungan dan bantuan paket sembako dari Pemkab Situbondo.

Bupati dari PDI perjuangan tersebut mengatakan bahwa puluhan personel gabungan dari Pemkab Situbondo yang diterjunkan ke lokasi terdampak awan Gunung Semeru, akan bertugas membantu proses evakuasi warga dan pemulihan pasca bencana. Para relawan akan mendirikan dapur umum untuk kebutuhan masyarakat.

Dia menyebut para relawan dari Pemkab Situbondo ini akan disiagakan untuk masa enam hari ke depan.

“Semoga selama enam hari ke depan, status tanggap darurat bencana Gunung Semeru, sudah selesai. Jika memang tanggap darurat berlanjut, kami dari Pemkab Situbondo, akan terus membantu apa yang menjadi kebutuhan warga terdampak bencana disana,” ujarnya.

Bupati yang akrab disapa Bung Karna ini menambahkan, untuk logistik yang dibawa bersama personel, terdiri dari paket sembako dilengkapi seribu dos air minum kemasan dan satu truk tangki air bersih, obat obatan, selimut serta pakaian layak pakai. Semuanya disiapkan untuk membantu warga terdampak erupsi Gunung Semeru.

“Mudah-mudahan bantuan yang tidak seberapa ini, mampu memberikan manfaat kepada warga korban bencana Gunung Semeru,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Situbondo, Zainul Arifin, menjelaskan bahwa total relawan yang diberangkatkan sebanyak 35 orang. Sebelum diterjunkan untuk aksi kemanusiaan, para relawan tersebut telah mendapat arahan seputar penanggulangan kebencanaan.

“Ada 6 instansi yang mengirimkan personelnya dalam misi kemanusiaan ini. Semoga kehadiran teman-teman disana bisa membantu,” harapnya. (ryo/pr)