oleh

Baguna, Korpri dan Relawan di Ngawi Bersinergi Tanggulangi Dampak Covid-19

NGAWI – Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) PDI Perjuangan Kabupaten Ngawi bersinergi dengan Korpri setempat dan Relawan OK bergerak melakukan upaya penanggulangan dampak wabah virus Corona (Covid-19).

Bupati Ngawi Ir Budi Sulistyono mengatakan, kebersamaan Korpri, Baguna PDIP, dan relawan OK itu diwujudkan dengan menyiapkan sekitar 14 ribu paket sembako. Isinya ada beras, minyak goreng, mi instan, dan kebutuhan pokok lainnya.

“Ini merupakan sinergi antara Korpri, Baguna, dan relawan OK yang menjadikan sebuah karya dan sudah kita launching pada seluruh tukang becak,” kata Budi Sulistyono, Selasa (12/5/2020).

Ratusan paket sembako di antaranya telah dibagikan kepada tukang becak pada Minggu (10/5/2020). Sebanyak 732 pengemudi becak itu menerima bantuan paket sembako yang langsung diserahkan oleh Bupati Budi Sulistyono.

Ratusan tukang becak di sekitar Ngawi Kota itu memadati Alun-alun Ngawi sejak pagi. Mereka antre secara tertib untuk menerima bantuan sembako di halaman pendopo Pemkab Ngawi.

Para tukang becak hanya perlu menunjukkan kartu identitas berupa KTP agar bisa mendapatkan sepaket sembako untuk dibawa pulang.

Menurut Kanang, sapaan akrab Budi Sulistyono, bantuan sembako tersebut difokuskan kepada warga yang kehilangan sebagian pendapatannya akibat pandemi Covid-19 sehingga kesulitan memenuhi kebutuhan bahan pokok sehari-hari.

Penyerahan bantuan sembako untuk tukan becak itu, sebutnya, merupakan tahap pertama. “Selain tukang becak, nanti juga akan kami berikan kepada tukang parkir, pedagang kaki lima, dan warga terdampak lainnya,” jelas Kanang.

Selain paket sembako, tambah Kanang, disiapkan pula bantuan dalam bentuk tunai. Terutama bagi para pedagang kecil yang terdampak.

Bantuannya bisa dalam bentuk modal usaha dan sebagainya. “Akan diusahakan untuk modal mereka berjualan lagi,” tutur bupati yang juga Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur itu. (goek)