Bagikan Beasiswa PIP dari Mbak Puti, Hj Kasipah Larang Wali Murid Gunakan untuk Bayar Arisan

 192 pembaca

SIDOARJO – Wakil Ketua Komisi D DPRD Sidoarjo, Hj Kasipah AMd membagikan ratusan beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) untuk para pelajar dari sejumlah kecamatan di Kabupaten Sidoarjo.

Penyerahan 264 beasiswa PIP dilaksanakan di rumah Hj Kasipah di Desa Ketegan Kecamatan Tanggulangin, Rabu (24/8/2022) malam. Acara diikuti ratusan wali siswa dari Kecamatan Porong, Tanggulangin, Jabon dan Candi. Juga perwakilan guru dan kepala desa setempat.

Beasiswa PIP merupakan program unggulan Presiden Joko Widodo yang dikelola Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, salah satu mitra dari komisi X DPR RI. Sebelumnya, pengajuan PIP ratusan siswa tersebut melalui anggota DPR RI Komisi X, Puti Guntur Soekarno.  

Hj Kasipah, mewakili Puti Guntur Soekarno, dalam sambutannya pada acara itu menegaskan dana PIP khusus untuk menopang biaya pendidikan siswa.

“Mohon untuk diingat untuk bapak ibu para walisiswa, Dana PIP ini khusus untuk membayar kebutuhan pendidikan putra-putrinya, bukan untuk bayar arisan,” tandas Kasipah kepada wali murid peserta sosialisasi.  

Wakil Sekretaris DPC PDI Perjuangan Sidoarjo tersebut menambahkan, PDI perjuangan berusaha semaksimal mungkin memberikan yang terbaik untuk warga masyarakat Sidoarjo. Pendampingan dalam mengupayakan terwujudnya PIP adalah salah satunya.

“Kami (PDI Perjuangan) memberikan yang terbaik untuk panjenengan (anda) semua, maka bantu kami untuk melanjutkan kebermanfaatan,” kata Hj Kasipah.

Staf Puti Guntur Soekarno, R Pavi Harjo pada kesempatan itu menjelaskan penggunaan dan teknis pencairan beasiswa PIP.

“Bapak ibu dapat salam dari Mbak Puti, beliau berpesan bahwa program yang diperjuangkan beliau tidak ada pemotongan atau pungutan liar. Semuanya digunakan untuk kebutuhan pendidikan,” jelasnya.  

Untuk besaran nominal PIP, Pavi menjelaskan sebagai berikut. Untuk pelajar SD sebesar Rp 450 ribu, SMP 750 ribu, dan SMA atau SMK Rp 1 juta. Beasiswa disalurkan kepada rekening masing-masing siswa melalui bank-bank yang ditunjuk pemerintah pada program ini.

Salah seorang walisiswa penerima PIP, Sulastri, pada acara itu menyampaikan terima kasih kepada Puti Guntur Soekarno atas terwujudnya beasiswa tersebut.

“Saya merasa bersyukur, wakil rakyat dari PDI Perjuangan, Mbak Puti dan Mbak Kasipah amanah dalam menjalankan tugas-tugasnya dan memperhatikan kami,” katanya. (hs)