Agar Pilkades Serentak di Kabupaten Malang Kondusif, Ini Imbauan Didik Gatot

 97 pembaca

MALANG – Wakil Bupati Didik Gatot Subroto mengajak masyarakat agar menjaga suasana kondusif di Kabupaten Malang dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak pada 5 Desember 2021 depan.

Didik menyampaikan bahwa Pilkades ini merupakan sarana penyaluran kedaulatan rakyat dalam rangka memajukan kehidupan di desa. Agenda rutin untuk memilih kepala desa, sebutnya, harus bersifat langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.

Khususnya kepada panitia pilkades, dia berpesan agar bekerja secara jujur, adil, dan melakukan tahapan-tahapan dengan benar.

“Setiap kali berkegiatan siapkan berita acara, serta harus ditandatangani seluruh para calon kepala desa. Hal ini akan mengurangi pemicu masalah-masalah yang tidak diinginkan selama berlangsung Pilkades 2021,” kata Didik Gatot Subroto.

Hal itu dia sampaikan di acara Deklarasi Siap Terpilih dan Tidak Terpilih Dalam Rangka Pilkades Serentak Gelombang Kesatu, di Gedung Santika Polres Malang, Jumat (26/11/2021).

Acara deklarasi ini dihadiri jajaran Forkopimda Kabupaten Malang, jajaran Organisasi Perangkat Daerah, camat di Kabupten Malang dan para calon Kades.

Didik Gatot pun minta kepada seluruh masyarakat ikut mensukseskan gelaran pesta demokrasi di tingkatkan desa ini, demi memajukan kesejahteraan desa.

“Kepada para calon kepala desa untuk mempersiapkan diri, siap menang maupun siap kalah dalam berkompetisi. Karena itu marilah berkompetisi dengan tetap menjunjung tinggi kejujuran, sportifitas, dengan mengedepankan sikap santun serta damai,” ajaknya.

“Untuk Muspika setempat selama proses pelaksanaan pilkades untuk siap siaga menghindari hal-hal yang tidak diinginkan karena pasca kegiatan Pilkades tetap terjalin sebuah kedamaian,” pesan Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Malang tersebut. (ace/pr)