oleh

Agar Kehidupan Berkualitas, Mas Ipin Dorong Munculnya Kampung-kampung Pro Iklim

-Milangkori-52 kali dibaca

TRENGGALEK – Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin mengajak masyarakat, dan berharap kepada para penggiat Adiwiyata untuk terus menjaga lingkungan. Tujuannya, untuk menjaga kehidupan bisa lebih berkualitas.

”Dengan kesadaran menjaga dan melestarikan lingkungan, seperti menanam pohon, tidak membuang sampah sembarangan, menjaga sumber air, diharapkan akan meningkatkan kualitas kehidupan yang lebih baik,” kata Arifin dalam keterangannya, kemarin.

Harapan itu dia sampaikan secara terbuka saat menghadiri peringatan Hari Bumi Sedunia yang digelar Himpunan Pegiat Adiwiyata Indonesia (HPAI) Kabupaten Trenggalek, di Kampung Pro Iklim Desa Sukorejo, Gandusari, akhir pekan lalu.

Menurutnya, peringatan hari bumi yang diprakarsai HPAI Kabupaten Trenggalek itu mengundang beberapa kepala desa untuk belajar dari Desa Sukorejo salah satunya terkait bank sampah. Kemudian juga, beberapa kegiatan-kegiatan yang bersifat pro lingkungan.

Kegiatan tersebut juga dihadiri Wakil Wali Kota Malang yang berdonasi pohon untuk masyarakat Trenggalek. “Saya berterima kasih dan semoga semuanya tetap semangat untuk bisa melestarikan bumi kita,” ucapnya.

Sehingga, lanjut Mas Ipin, sapaan akrabnya, nanti ke depannya akan mendapatkan kehidupan yang kualitasnya juga lebih baik, dari sisi udara yang lebih baik, air yang lebih bersih serta ekonomi yang lebih baik.

”Kalau zaman dahulu sumur-sumur (sumber air) sangat berharga untuk kehidupan. Maka dari itu, sekarang mari kita jaga sumber air agar menjadi sumber kehidupan bagi semua makhluk hidup,” tutur bupati yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Trenggalek ini.

Dalam kesempatan peringatan hari bumi itu, Bupati Trenggalek berkomitmen untuk terus mendorong jangkauan Adipura Desa.

“Harus tetap kita perluas, kita dorong terus, sehingga nanti banyak muncul kampung – kampung pro-iklim yang diikuti masyarakat yang lebih berkesadaran ekologis,” tandasnya.

“Tidak lagi membuang sampah sembarangan, kemudian juga menjaga lingkungan sekitarnya, menanam pohon dan juga menghemat energi, air,” tutup Mas Ipin. (dav)