oleh

Ada atau Tak Ada Bencana, Baguna Magetan Tetap Bergerak

pdip-jatim-pengurus-baguna-magetanMAGETAN – Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) DPC PDI Perjuangan Kabupaten Magetan tidak hanya bergerak ketika ada bencana. Di luar bencana, Baguna Magetan siap mendampingi masyarakat dalam layanan kesehatan dengan mengawal pelaksanaan program pemerintah.

Di antaranya berupa advokasi BPJS dan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH). “Kalau ada orang sakit dan tidak mampu, tapi belum punya BPJS karena ketidaktahuannya atau faktor lain, maka kami bantu hingga pasien mendapat haknya dan bisa berobat gratis,” kata Kepala Baguna Magetan, Suyono, Kamis (9/6/2016).

Kepengurusan Baguna di Kabupaten Magetan ini secara resmi dilantik di sela acara peringatan hari ulang tahun ke-43 PDI Perjuangan, yang digelar di halaman kantor DPC setempat, Sabtu (4/6/2016) lalu. Suyono yang juga anggota DPRD Magetan, didapuk sebagai Kepala Baguna.

Bersama 16 pengurus Baguna lainnya, Suyono sudah menyusun beberapa agenda untuk dilaksanakan.

Sejak sebelum dilantik, jelas Wiling, sapaan akrabnya, Baguna sudah bergerak membantu masyarakat Magetan yang kesulitan transportasi untuk menjalani pengobatan ke rumah sakit.

Masyarakat tidak mampu, ujar dia, memang memiliki BPJS yang mengcover biaya berobatnya. Namun, mereka rata-rata mengalami kesulitan biaya operasional untuk wira-wiri dari rumah ke rumah sakit.

“Kita coba bantu kesulitan itu dengan menyediakan ambulans gratis milik Baguna,”  jelas dia.

Setelah pelantikan, sebutnya, seluruh pengurus Baguna siap bertugas dan bergerak untuk pengabdian masyarakat. Utamanya dalam pendampingan kesehatan masyarakat dan tanggap bencana.

Ke depan, tambah dia, Baguna Magetan akan melakukan kerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Taruna Siaga Bencana (Tagana), dan Palang Merah Indonesia (PMI) setempat.

“Tahap awal kami akan melakukan anjang sana memperkenalkan diri kepada institusi segaris seperti BPBD, Tagana, dan PMI. Termasuk juga pihak Rumah Sakit Umum Daerah. Kemudian setelah itu kami akan lakukan pelatihan khusus bagi pengurus mengenai tanggap bencana dan P3K dasar bekerja sama dengan institusi itu,” tuturnya.

Dia berharap keberadaan Baguna di tengah masyarakat Magetan akan semakin mendekatkan PDI Perjuangan kepada konstituennya. “Kami yakin dengan keberadaan Baguna ini, masyarakat dapat merasakan langsung kerja partai untuk rakyat,” harap Wiling. (sa)