oleh

1 Juni, Megawati Akan Serahkan Piala Bergilir Peringatan HUT ke-43

pdip-jatim-sw-nugroho-04SURABAYA – Rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun ke-43 PDI Perjuangan masih berlangsung hingga Mei 2016. Puncak acara peringatan akan digelar 1 Juni, bertepatan peringatan Pidato Pancasila Bung Karno.

Wakil Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jawa Timur, SW Nugroho mengatakan, puncak acara peringatan HUT ke-43 bakal digelar acara penyerahan Piala Bergilir Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, dilaksanakan pada 1 Juni 2016.

“Ibu Mega akan menyerahkan piala bergilir lomba memperingati HUT ke-43 PDI Perjuangan tingkat nasional,” jelas Nugroho, Senin (28/3/2016).

Menurut Nugroho, peringatan HUT ke-43 yang dimulai sejak 10 Januari lalu, akan berlangsung hingga akhir Mei 2016. Beberapa kegiatan yang sudah terjadwal, di antaranya lomba penataan kesekretariatan yang diikuti seluruh DPD PDI Perjuangan se-Indonesia, dan 1 DPC yang ditunjuk DPD masing–masing.

Kemudian lomba paduan suara, yang wajib diikuti seluruh DPD dan DPC. Peserta terdiri dari 2 kategori, yakni kelompok paduan suara internal dan eksternal.

“Di bidang seni, ada Lomba Banteng Musik Festival. Lomba ini juga diharapkan dilaksanakan di seluruh DPD dan DPC se-Indonesia,” urai politisi yang juga Wakil Ketua Komisi B DPRD Provinsi Jawa Timur ini.

Ada acara yang bakal dicatatkan sebagai salah satu Rekor MURI, yakni Festival Bahari Nusantara. Lomba bakar ikan dan makan ikan secara serentak ini akan digelar di kantor DPD dan DPC se-Indonesia

Tak kalah menariknya, yakni Ekspedisi Trisakti. “Kegiatannya berupa pemasangan Merah Putih di Pulau Terluar Indonesia, di masing-masing provinsi,” jelas Nugroho.

Selain kegiatan tingkat nasional tersebut, lanjutnya, Panitia HUT PDI Perjuangan ke-43 di masing-masing daerah bisa melaksanakan berbagai kegiatan yang bersifat pilihan, sesuai kemampuan daerah. Menurutnya, tidak kurang dari 10 jenis kegiatan yang bersifat pilihan tersebut .

Dia menambahkan, bermacam rangkaian acara peringatan HUT ke-43 ini, tidak hanya diikuti kader dan simpatisan PDI Perjuangan. Namun juga melibatkan sebanyak-banyaknya kalangan eksternal, yakni masyarakat umum.

Mulai 1 Juni pun, imbuh Nugroho, PDI Perjuangan masih banyak melakukan kegiatan, yakni memperingati Juni sebagai Bulan Bung Karno (BBK). Rangkaian acaranya, meliputi peringatan Pidato Pancasila Soekarno pada 1 Juni 1945, hari lahirnya Soekarno pada 6 Juni 1901, dan hari wafat Soekarno pada 21 Juni 1970. (goek)