Yenny Wahid: Biidznillah Presiden Jokowi Akan Kembali Pimpin Indonesia

JAKARTA — Keluarga Presiden keempat RI almarhum KH Abdurrahman Wahid atau akrab disapa Gus Dur menyatakan dukungan politiknya kepada pasangan nomor urut 01 Jokowi Widodo-Ma’ruf Amin pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

Deklarasi dukungan dibacakan putri kedua Gus Dur, Yenny Wahid, di Rumah Pergerakan Politik Gus Dur, Jalan Kalibata Timur I No 12, Kalibata, Jakarta Selatan, Rabu (26/9/2018) sore.

“Dengan mengucap bismillahirrahmanirrohim, dengan ini kami menyatakan mendukung pasangan nomor 01. Biidznillah (dengan izin Allah), Presiden Jokowi akan kembali memimpin Indonesia,” kata Yenny.

Dia memastikan bahwa dukungan tersebut merupakan sikap politik dari keluarga Gus Dur. Kendati demikian, dia menegaskan bahwa ibunya, Sinta Nuriyah Wahid, akan bersikap netral pada Pilpres 2019.

“Keluarga Gus Dur saya wakili sikap politiknya. Sikap politik sudah diamanatkan kepada saya,” tuturnya.

Selain keluarga Gus Dur, sembilan organisasi yang tergabung dalam Konsorsium Kader Gus Dur juga menyatakan dukungan. “Ada 9 organisasi yang secara resmi ikut bergabung dalam deklarasi sikap para kader Gus Dur,” tambah Yenny.

Menurut dia, sebenarnya masih ada beberapa organisasi yang akan ikut menyatakan dukungan sebelum deklarasi. Namun karena waktu persiapan deklarasi yang sangat sedikit, organisasi tersebut akan diundang setelah deklarasi.

Meski demikian, dia tidak menyebut berapa banyak organisasi yang akan menyatakan dukungan ke Jokowi-Ma’ruf Amin.

“Sebetulnya masih banyak yang baru akhir-akhir menyatakan mau ikut tapi karena persiapan kami sudah mepet maka kami akan undang nanti setelah deklarasi,” jelasnya.

Adapun 9 organisasi kader Gus Dur yang menyatakan dukungan politiknya ke Jokowi-Ma’ruf adalah:

  1. Barikade Gus Dur (Barisan Kader Gus Dur)
  2. Gatara (Gerakan Kebangkitan Nusantara)
  3. Forum Kyai Kampung Nusantara (FKKNU)
  4. Garis Politik Al Mawardi (GP Al Mawardi)
  5. Komunitas Santri Pojokan (KSP)
  6. Jaringan Perempuan NKRI (JPN)
  7. Millenial Political Movement
  8. Forum Profesional Peduli Bangsa

9. Satuan Mahasiswa Nusantara