oleh

Wali Kota Batu Siap Bantu Pemerintah Pusat Tekan Kemiskinan

BATU – Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko mengatakan, pemerintah pusat sudah memberikan upaya konkret untuk menekan jumlah angka peningkatan warga miskin di tengah pandemi.

Pemerintah juga telah berupaya menjaga ekonomi masyarakat dengan menghadirkan program jaring pengaman sosial dalam Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) sebagai bentuk dari penanganan Covid-19.

“Respon cepat penanganan Covid-19 agar dapat menekan peningkatan penduduk miskin dilakukan melalui program bantuan sembako, bantuan langsung tunai, Program Keluarga Harapan, kartu pra kerja, subsidi listrik dan sebagainya,” beber Dewanti.

Hal itu dia sampaikan usai menghadiri Pra Musyawarah Nasional VI Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) 2021 secara virtual, Senin (25/1/2021).

Pra Musyawarah itu bertema “Munas Apeksi VI adalah Penguatan Kapasitas Pemerintah Daerah Dalam Penanganan dan Pasca Pandemi Covid-19”. Pra Musyawarah Nasional itu diselenggarakan selama 3 hari, mulai 25 Januari hingga 28 Januari 2021.

Pihaknya dan Apeksi sangat mengapresiasi langkah yang ditempuh Pemerintah Pusat tersebut dan mendukung agar implementasinya di daerah tepat sasaran.

“Apeksi akan senantiasa memberi masukan terutama masalah validitas data, pendampingan bansos, serta merekomendasikan bansos dalam bentuk uang tunai saja untuk meminimalisir penyelewengan,” pungkasnya.

Apeksi adalah forum yang terdiri dari 98 kota yang bertujuan membantu anggotanya dalam melaksanakan otonomi daerah. Selain itu juga menciptakan iklim yang kondusif bagi pembentukan kerjasama antar pemerintah daerah. (goek)

rekening gotong royong