Wajah Baru Legislator PDIP DPRD Jawa Timur

Di parlemen mereka bisa dikatakan pendatang baru. Tapi mereka bukan kemarin sore menapaki jalan terjal pengabdian: jalan politik.

SURABAYA – Seratus dua puluh anggota DPRD Jatim masa tugas 2019-2024 dilantik, Sabtu (31/8/2019) siang. Dari jumlah itu PDI Perjuangan mempunyai keterwakilan terbanyak dengan jumlah 27 anggota dewan.

Dari 27 itu, 8 orang pendatang baru di pusaran sistem pemerintahan daerah. Sementara 9 lainnya pernah bertugas di DPRD kabupaten atau kota dan DPR RI, dan 10 sisanya adalah petahana periode lalu yang terpilih kembali.

Ke-8 pendatang baru itu tak sekalipun bertugas di parlemen sebelumnya. Baik di DPR RI atau DPRD kabupaten atau kota.

Tapi mereka tak betul-betul baru di dunia politik. Sebagian  telah kenyang asam garam dalam menghimpun kekuatan rakyat hingga merasakan terik-panasnya parlemen jalanan.

Sebagian lagi dari kalangan profesional yang dalam kurun waktu tak sebentar, merelakan zona nyaman-nya untuk terjun ke jalan terjal pengabdian: jalan politik. Siapa saja mereka? 

Dari daerah pemilihan (dapil) IV meliputi Kabupaten Banyuwangi, Situbondo, dan Bondowoso ada nama Martin Hamonangan. Lalu dapil V (Jember-Lumajang) ada Hari Puteri Lestari. Kemudian dapil VI (Kabupaten/kota Malang-Batu) ada Daniel Rohi.

Untuk Dapil VII (Kabupaten/Kota Blitar-Tulungagung) Erma Susanti. Dapil VIII (Kabupaten/Kota Kediri) Heri Setiawan.

Lalu Dapil IX (Magetan-Ngawi-Ponorogo-Trenggalek-Pacitan) ada Deni Wicaksono dan Diana Amaliyah Verawatiningsih. Dan di dapil IX (Lamongan-Gresik) ada Andy Firasadi.

Lebih dalam mengenal sosok pendatang baru di Indrapura (merujuk alamat gedung DPRD Jawa Timur, Jalan Indrapura nomor 1 Surabaya) redaksi website PDI Perjuangan Jatim menurunkan reportase delapan wajah baru anggota DPRD tersebut.

Untuk sembilan nama lainnya juga termasuk kategori wajah baru di DPRD Jatim. Tetapi mereka telah menjadi petugas partai di DPRD di tingkatan yang berbeda. Baik dari DPRD Kabupaten/kota, maupun dari DPR RI.

Di dapil Jatim I (Surabaya) ada nama Ir Armuji dan Agustin Poliana. Sebelumnya, kedua orang ini bertugas di DPRD Kota Surabaya.

Di Dapil IV (Banyuwangi-Situbondo-Bondowoso)  ada sosok Hermanto yang pernah bertugas di DPRD Banyuwangi. Di dapil V (Jember-Lumajang) ada Agus Wicaksono yang periode lalu bertugas di DPRD Lumajang. 

 Di  Dapil VII (Kab/Kot Blitar-Tulungagung) ada nama Guntur Wahono yang tercatat pernah bertugas di DPRD Kabupaten Blitar. Di dapil VIII (kabupaten/kota Kediri) ada nama Wara Sundari Reny Pramana semula dari DPRD Kota Kediri.

Di ‘jalur bus antar kota’, dapil XI yang meliputi Nganjuk, Kabupaten dan Kota Madiun ada nama Y Ristu Nugroho yang semula dari DPRD Kabupaten Madiun dan Ida Bagus Nugroho dulunya pernah di DPR RI. Sedang di pantura, dapil XII  meliputi Tuban dan Bojonegoro ada nama Go Tjong Ping yang pernah bertugas di DPRD Tuban.

Sementara 10 kader PDI Perjuangan lainnya adalah petahana yang bertugas di DPRD Jatim periode sebelum ini, 2014-2019. Mereka Kusnadi, Sri Untari Bisowarno, Eddy Paripurna, Sugeng Pujianto, Gunawan, Bambang Juwono, SW Nugroho, Gatot Supriyadi, dan Mahhud. (ru)