Usai Salat Id di Istiqlal, Jokowi Gelar ‘Open House’ di Istana Negara

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla, Minggu (25/6/2017) pagi, melaksanakan salat Hari Raya Idulfitri 1438 Hijriah, di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat.

Didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Presiden tiba sekitar pukul 06.30 WIB. Kehadiran Presiden disambut oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Gubernur DKI Jakarta Djarot Syaiful Hidayat, dan Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar.

Usai melaksanakan salat Hari Raya Idulfitri Jokowi  menggelar open house untuk khalayak umum, di Istana Negara. Open house dihadiri sejumlah pejabat negara dan masyarakat umum ini merupakan yang perdana dilakukan di era Presiden Jokowi.

Pada tahun-tahun sebelumnya, Jokowi merayakannya di sejumlah daerah di luar Pulau Jawa, yakni di Aceh dan Padang.

Sejumlah menteri Kabinet Kerja dan pimpinan lembaga negara secara bergantian datang menyalami presiden dan wakil presiden.

Di antara para tamu yang hadir, terlihat Gubernur DKI Jakarta terpilih Anies Baswedan beserta istri dan kedua anaknya. Sementara Wakil Gubernur DKI terpilih, Sandiaga Uno, beserta istri dan anaknya juga hadir dalam kesempatan tersebut.

Tampak hadir, putra pertama dari Presiden ke-6 Republik Indonesia, Agus Harimurti Yudhoyono. Sementara adiknya, Edhie Baskoro Yudhoyono, juga tampak hadir.

Keduanya datang bersama dengan keluarganya. “Salam buat Bapak dan Ibu ya,” kata Jokowi menitipkan pesan untuk keduanya.

Setelah bersalam-salaman dengan para pejabat negara, antrean selanjutnya didominasi oleh masyarakat umum. Banyak yang kemudian memanfaatkan momen tersebut untuk berfoto bersama Presiden dan Ibu Iriana.

Selain mendapatkan kesempatan untuk berfoto bersama, masyarakat yang hadir juga disuguhkan aneka kuliner yang telah disediakan di dalam lingkungan Istana. Di antaranya siomay, nasi liwet, bakwan Malang, tengkleng, dan sop bakso yang disajikan di sejumlah meja sekitar Wisma Negara.

Acara silaturahmi di Istana Negara ini berlangsung sekitar dua jam. Selain dihadiri pejabat negara dan masyarakat umum, sejumlah duta besar negara sahabat juga berkunjung untuk bersilaturahmi dengan Jokowi. (goek)