oleh

Usai Debat Pertama Pilkada Tuban, Pengamat: Setia Negara Lebih Siap Memimpin

-Berita Terkini-25 kali dibaca

SURABAYA – Pilkada Kabupaten Tuban 2020, baru saja menyelesaikan tahapan debat publik. Tiga pasangan calon, yakni nomor urut 01 Khozanah Hidayati-Muhammad Anwar, nomor urut 02 Aditya Halindra Faridzki-Riyadi dan nomor urut 03 Setiajit-Armaya Mangkunegara hadir dan memaparkan visi-misinya.

Pengamat Politik dari Accurate Research & Consulting Indonesia (ARC Indonesia), Baihaki Siraj mengatakan bahwa tiga Paslon sudah tampil dengan prima dalam menyampaikan gagasan berupa visi-misinya. “Semua, memiliki sisi keunggulan dan sisi kekurangan,” terang Baihaki, kemarin.

Baca juga: Jadikan Tuban Unggul Sejahtera, “Setia Negara” Tawarkan Nawa Bakti Setia Negara

Baihaki menjelaskan, bahwa cara penyampaian visi-misi, program atau pada saat menjawab pertanyaan dalam debat yang bertema “Kesejahteraan Rakyat” tersebut, bisa menjadi gambaran kemampuan paslon dalam mengeksekusi program nantinya bila terpilih.

Ketika diminta memberi penilaian, mana yang lebih unggul pada debat tersebut. Baihaki hanya membeberkan bahwa Setiajit-Gus Maya tampak lebih berpengalaman, bisa tampil kompak dan bisa saling melengkapi dalam menyampaikan gagasan atau saat menjawab pertanyaan.

Itu, artinya kata Baihaki, paslon nomor urut 3 tampak lebih siap dalam memimpin. Pengalaman Setiajit dengan latar belakang birokrasi itu muncul saat acara debat. Dan publik pasti bisa melihat itu.

Sosok, Gus Maya juga sangat mampu melengkapi pasangannya, tampak Gus Maya sebagai sosok muda yang memiliki kemampuan. Terbukti, ia bisa menyampaikan gagasannya dengan lugas. “Gus Maya ini tampak sebagai sosok intelektual muda NU,” tandasnya.

Dia menambahkan, visi-misi Setiajit-Gus Maya sangat relevan dengan kondisi Tuban saat ini. “Itu tidak muluk-muluk dan pasti bisa direalisasikan, tentunya bisa menjawab harapan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat  Tuban,” kata Baihaki. (rul)

rekening gotong royong