Usai Coblosan, Ini Harapan Megawati

JAKARTA – Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri minta semua pihak menyikapi hasil pemilihan umum 2019 secara positif. Megawati berharap tidak ada keributan yang timbul akibat hasil pemilu yang tidak sesuai harapan.

“Saya kan juga pernah ikut pemilihan presiden. Waktu kalah, ya saya ndak ribut. Ya sudah ketawa saja, ayo kita makan-makan, itu kan pilihan rakyat,” ujar Megawati seusai menggunakan hak suara di kediamannya di Kebagusan, Jakarta, Rabu (17/4/2019).

Megawati juga menasihati wartawan agar memberitakan informasi sesuai dengan fakta. Ia mengaku khawatir informasi yang tidak benar justru menimbulkan kebencian dan perpecahan di masyarakat.

Presiden kelima RI itu berharap, apapun hasil pemilihan dapat diterima dengan baik oleh semua pihak. “Kita ini warga negara sama-sama loh, bukan warga negara asing. Itu yang saya ingin katakan dan semoga nanti kalau hasilnya apapun, ya kita riang gembira saja,” tuturnya.

Megawati juga berharap semua warga negara menggunakan hak pilih dalam pemilihan umum 2019. Menurut Megawati, keikutsertaan dalam pemilu adalah hak dan kewajiban setiap warga negara.

“Alhamdulillah di Kebagusan ini saya dan keluarga telah menjalankan kewajiban kami sebagai warga negara Indonesia,” ujar Megawati.

Menurut Megawati, setelah Indonesia merdeka, rakyat memiliki kedaulatan. Termasuk, untuk ikut serta dalam pemilihan umum. Megawati mengaku telah mengeluarkan perintah resmi kepada seluruh simpatisan, kader dan pendukungnya untuk menggunakan hak pilih.
Menurut Megawati, setiap orang bebas memilih calon pemimpinnya.
“Kalau diminta oleh negara untuk melakukan pesta demokrasi yang disebut pemilihan umum, warga negara itu harus menyambutnya dengan riang gembira,” kata Megawati.

Terkait pilihan, Megawati menganjurkan masyarakat memilih calon presiden dan calon anggota legislatif berdasarkan rekam jejak dan emampuan.

“Artinya angan melihat orangnya, tetapi melihat juga cara kerja dan pengalaman kerjanya,” ujarnya.

Menurut Megawati, cara memilih berdasarkan rekam jejak dan emampuan itu adalah pendidikan politik bagi masyarakat. Saat pemilihan mum, masyarakat diharapkan benar-benar memilih calon peimpin yang bisa menjalankan pemerintahan dengan baik.

Megawati berharap proses pelaksanaan pemilu kali ini dapat berjalan lancar dan menghasilkan pemimpin yang terbaik. “Saya menganjurkan pilih yang terbaik. Yang terbaik bagi apa? Bagi menjalankan pemerintahan Republik Indonesia,” ucapnya. (goek)