Untari: Kebangkitan Nasional Jadi Spirit Tanggulangi Penyebaran Covid-19

MALANG – Peringatan Hari Kebangkitan Nasional 20 Mesi 2020 di tengah pandemi Covid-19 memiliki makna spesial. Tepat pada 20 Mei 1908, dr Soetomo dan sarjana Stovia lainnya melahirkan organisasi modern pertama, Boedi Oetomo.

Karena itu, Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jawa Timur Dr Sri Untari Bisowarno mengingatkan kita untuk menghadirkan kembali semangat dan kesadaran para dokter itu untuk menangkal covid-19.

“Saya kira nilai-nilai Kebangkitan Nasional yang harus tetap kita nyalakan adalah peduli pada sesama. Dokter Soetomo dan kawan-kawan melahirkan Boedi Oetomo berangkat dari kepedulian pada sesamanya. Pada nasib bangsanya,” kata Sri Untari, Kamis (21/5/2020).

Baca juga: Basarah Minta Pemerintah Perkuat Kedaulatan di Bidang Kesehatan

Untari menambahkan, dengan kesadaran untuk peduli pada sesama, kita akan bisa menangkal Covid-19 dengan cepat. Menurutnya, kepedulian pada sesama akan meredam kita untuk bersikap sesuka hati.

“Pandemi ini bukan persoalan sepele. Bukan sekadar membuat aturan dan menggelontorkan bantuan, semuanya akan selesai. Kita harus bersatu padu, bergotong royong untuk bersama-sama mencegah penyebarannya,” beber Untari.

Anggota Komisi E DPRD Jatim ini juga mengajak pada semua elemen masyarakat untuk bersama-sama menaati dan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Menurutnya, kebangkitan nasional di tengah pandemi, dapat ditekankan pada kesadaran untuk bersaama-sama menanggulangi penyebaran Covid-19.

“Mari kita bersama-sama menghikmati kebangkitan nasional sebagai spirit untuk menanggulangi penyebaran Covid-19. Berbagai imbauan pemerintah, kebijakan pemerintah harus diperhatikan dan dilaksanakan dengan sungguh-sungguh,” ajaknya.

Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jatim ini juga tidak menampik berbagai persoalan di lapangan. Menurutnya, persoalan tidak terlepas dari rasa gugup masyarakat akan datangnya wabah yang begitu cepat.

“Mungkin kita sedikit gugup. Belum terbiasa dengan wabah yang datang tiba-tiba. Sehingga kita temukan berbagai persoalan menanggulangi wabah Covid-19 ini,” sebut Untari.

“Tapi saya yakin, dengan bantuan pemerintah pada masyarakat yang terdampak wabah ini, sekaligus kesadaran kita untuk bangkit bersama-sama, covid-19 ini akan segera berakhir,” pungkasnya. (set)