Untari: Jika Jatim Maju dan Sejahtera, Akan Sumbang Kemajuan Indonesia 15 %

Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jatim Sri Untari Bisowarno.

SURABAYA – Senin (12/10/2020), Provinsi Jawa Timur memperingati Hari Jadi ke-75. Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jatim Sri Untari Bisowarno mengatakan, sebagai daerah penyangga ekonomi Indonesia bagian timur, Provinsi Jatim harus lebih maju dan sejahtera.

Untari mengatakan, sebagai provinsi besar juga penyangga ekonomi Indonesia bagian timur, Provinsi Jatim tentu memiliki peranan yang sangat strategis untuk kemajuan Indonesia.

“Penduduk Jatim hampir 15 persen dari penduduk Indonesia, sehingga jika Jawa Timur maju dan sejahtera, akan menyumbang kemajuan untuk Indonesia sebesar 15 persen itu,” kata Untari.

Di masa pandemi Covid-19, lanjut  Untari, semua ekonomi di seluruh daerah terkontraksi, tak terkecuali di Jawa Timur. Namun dengan kultur masyarakatnya yang egaliter dan terbuka, sebutnya, membuat Jawa Timur cepat dan mudah beradaptasi dengan banyak situasi.

“Kultur masyarakat Jatim yang terbuka dan egaliter menjadikan Jatim cepat beradaptasi dengan banyak situasi, sehingga kami tetap optimis Jatim bisa segera bangkit dan maju untuk menyongsong masa depan dengan penuh harapan,” jelas perempuan yang juga menjabat Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jawa Timur ini.

Terkait Hari Jadi ke-75 Provinsi Jatim, pihaknya mengapresiasi atas keberhasilan Pemprov Jawa Timur menangani pandemi Covid-19. Pihaknya juga memberikan catatan untuk Gubernur Jatim sebagai bahan evaluasi.

Berikut catatan dari Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jatim:

1. Pemerintah Provinsi Jawa Timur Perlu melakukan re-desain RPJMD Jawa Timur yang pernah disusun di awal terpilihnya Gubernur Khofifah Indar Parawansa dan Wakil Gubernur Emil Elestianto Dardak karena kondisi dan situasi pandemi mempengaruhi semua aspek kehidupan.

2. Fraksi PDI Perjuangan DPRD Provinsi Jawa Timur memberikan  Apresiasi pada pemerintah Provinsi Jatim yang telah berhasil menangani Covid-19 bersama semua Pemerintah Kabupaten dan Pemerintah Kota seluruh Jawa Timur sehingga mampu melampaui masa-masa yang sulit dan saat ini menuju Provinsi Bebas Covid (Provinsi Hijau).

3. Pemerintah Provinsi Jawa Timur bisa lebih memperkuat sinergi antar OPD agar bisa secara integral menjemput optimisme baru.

Tak lupa, politisi yang juga Ketua Umum Dekopin ini mengucapkan selamat Hari Jadi ke-75 untuk Provinsi Jatim yang begitu dicintainya. Dia optimistis, dengan semangat gotong royong, Jawa Timur akan mampu melewati masa-masa yang sulit.

“Dirgahayu ke-75 Provinsi Jatim, dengan Nawa Bhakti Satya kita songsong harapan yang lebih optimis dan untuk Jawa Timur maju, berbudaya, berkepribadian, bergotong royong, untuk melewati masa-masa pandemi dengan kekuatan kebersamaan. Merdeka!” ucapnya. (rul)