Unggul di Quick Count, Jokowi-Ma’ruf Terima Ucapan Selamat dari 21 Kepala Negara

JAKARTA – Sehari setelah pencoblosan, calon presiden petahana Joko Widodo (Jokowi) mendapat banyak panggilan telepon dari kepala negara asing. Mereka mengucapkan selamat kepada Jokowi.

Dalam jumpa pers di Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (18/4/2019), Jokowi mengatakan sudah menerima ucapan selamat dari Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, dan puluhan pemimpin lainnya.

“Sejak tadi siang sampai sore tadi kita telah menerima telepon dari Perdana Menteri Malaysia Dr Tun Mahathir Mohamad, dan juga Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong, dan juga dari Presiden Turki, Presiden Erdogan,” kata Jokowi yang didampingi para ketua umum partai politik pendukungnya.

Jokowi mengatakan sudah ada 21 kepala negara yang menghubunginya via telepon. Semua memberikan ucapan selamat kepada dirinya, yang menurut berbagai lembaga survei menang atas rivalnya, Prabowo Subianto.

“Baru saja tadi PM Singapura telepon juga menyampaikan (selamat). Masih ada beberapa negara yang akan menelepon,” kata Jokowi.

Jokowi juga mengatakan bahwa menurut hasil hitung cepat 12 lembaga survei yang kredibel, dia dan Ma’ruf telah memenangi pemilihan presiden.

Dia tidak mengomentari hal tersebut Rabu kemarin karena suara masuk masih di bawah 70 persen, tetapi sekarang sudah mencapai hampir 100 persen.

“Kita tahu semuanya bahwa penghitungan quick count adalah cara yang ilmiah. Akurasinya 99,9% hampir sama dengan real count,” kata Jokowi.

Namun demikian, dia mengimbau agar semua pihak bersabar menunggu hasil penghitungan resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU). (goek)