TMP Jatim Siap Kawal Keputusan Megawati Soal Kepengurusan DPC PDIP

SURABAYA – Taruna Merah Putih (TMP) Jawa Timur mendukung serta siap mengamankan surat keputusan terkait pemilihan ketua, sekretaris dan bendahara (KSB) di seluruh Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan se-Jawa Timur.

Sekretaris DPD Taruna Merah Putih Jawa Timur, Hadrean Renanda mengatakan, dasar dukungan yang digaungkan TMP adalah melihat adanya semangat regenerasi serta kepentingan strategis di tubuh PDI Perjuangan.

“Dasarnya jelas, ada aturan partai yang mengikat (Peraturan Partai 28/2019) serta semangat regenerasi,” kata Hadre kepada wartawan, Selasa (9/7/2019).

Bahkan, organisasi sayap PDI Perjuangan ini siap memecat anggotanya yang tidak tunduk dan patuh dengan keputusan yang ditandatangani Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

“Setiap kader harus tunduk dan patuh kepada partai. Itu mutlak dan tidak bisa ditawar,” tegasnya.

Menurut Hadre, pergantian pengurus sebagai bentuk regenerasi agar mampu menghadapi tantangan yang tidak mudah di masa depan.

“Pergantian pengurus merupakan hal yang biasa, dan DPP memiliki kewenangan untuk melakukan mengevaluasi kinerja di tingkatan DPD maupun DPC,” ujarnya.

Dalam Konfercab PDI Perjuangan yang digelar serentak Minggu (7/7/2019           ) kemarin terjadi perubahan kepengurusan di tingkatan DPC di seluruh Jawa Timur.

Dalam Peraturan PDI Perjuangan Nomor 28 Tahun 2019, pasal 44 menyebutkan jika DPP Partai dapat menetapkan Ketua, Sekretaris, dan/atau Bendahara DPC dan DPD Partai diluar nama-nama yang diusulkan oleh DPC dan DPD Partai atas dasar pertimbangan strategis partai.

Hadrean juga mengucapkan selamat kepada kader-kader yang terpilih sebagai KSB yang tertuang dalam surat rekomendasi DPP PDI Perjuangan. Termasuk Ketua DPD Taruna Merah Putih Jawa Timur, M Nur Arifin, Bupati Trenggalek yang juga terpilih menjadi Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Trenggalek. (goek)