TKI Saudi Menangkan PDI Perjuangan

logo pemilu 2014PDI Perjuangan juga memenangi pemilu legislatif di Saudi Arabia. Hasil penghitungan surat suara di tempat pemungutan suara luar negeri (TPSLN) dan drop box Saudi Arabia (PPLN Riyadh & PPLN Jeddah), PDI Perjuangan mendapat 5.127 suara, disusul PKB 3.853 suara dan PKS 2.807 suara.

Dalam rilis Perwalu PDI Perjuangan Saudi Arabia yang diterima Infokom PDI Perjuangan Jawa Timur disebutkan, posisi keempat dan kelima ditempati Partai Gerindra dengan 1.468 suara, dan PPP yang meraih 859 suara. Berikutnya, Partai Golkar 632 suara, Partai Demokrat 400 suara, Partai Hanura 383 suara, Partai Nasdem 219 suara, PAN 173 suara, PBB 113 suara, dan PKPI 30 suara.

Ketua Perwalu Saudi Arabia Sharief Rachmat mengatakan, kemenangan PDI Perjuangan hasil kerja keras dan gotong royong jajaran perwalu, tim kampanye, korlap, ranting, kader, aktivis/relawan TKI, WNI/TKI dan WNI/TKI Overstayer. “Kami mengapresiasi mereka, yang tak mengenal menyerah mampu mengukir sejarah kemenangan PDI Perjuangan di Saudi Arabia,” kata Sharief Rachmat, Jumat (11/4/2014).

Dia mengajak elemen yang memenangkan PDI Perjuangan berpuas diri, karena perjuangan membela TKI masih belum selesai. “Tetaplah menjadi benteng terdepan untuk para TKI, serta mengantarkan Joko Widodo (Jokowi) menjadi presiden,” ucap Sharief Rachmat.

Terpisah, Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Panitia Pemungutan Luar Negeri (PPLN) Wahid Supriyanto mengatakan, PDI Perjuangan unggul di 15 wilayah pemilihan luar negeri dalam Pemilu Legislatif 2014. Penghitungan suara baru dilakukan di 17 wilayah.

“Untuk sementara, laporan yang masuk baru 17 PPLN. PDI Perjuangan sementara ini unggul di 15 PPLN, sedangkan dua PPLN lain dimenangi PKS. Kami terus melakukan update data,” ujar Wahid Supriyanto di Jakarta, Kamis (10/4/2014).

Wilayah-wilayah yang dimenangi PDI Perjuangan adalah Sofia (Bulgaria), Vanemo (Papua Niugini), Tashkent (Uzbekistan), Suva (Fiji), Port Moresby (Papua Niugini), Hanoi (Vietnam), Darwin (Australia), Canberra (Australia), Ho Chi Minh (Vietnam), Colombo (Kolombia), Shanghai (Tiongkok), Manila (Filipina), dan Baghdad (Irak). Sedang wilayah yang dimenangi PKS adalah Songkhla (Thailand) dan Istanbul (Turki). (pri)