Tjahjo: Cawapres Akan Diumumkan 9 Mei

Jokowi -Tjahjo-KumoloJAKARTA – Sekjen DPP PDI Perjuangan Tjahjo Kumolo mengungkapkan, bakal calon wakil presiden pendamping capres Joko Widodo (Jokowi) akan diumumkan 9 Mei 2014 depan. Pengumuman bakal cawapres pada tanggal tersebut merupakan permintaan dari Jokowi dan Surya Paloh, Ketua Umum Partai NasDem.

“Masalah wapres Pak Jokowi akan disampaikan 9 Mei. Setelah itu bisa langsung bergerak. Besok (Sabtu) kan sudah keliling Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Madura,” kata Tjahjo Kumolo usai mendampingi Jokowi bertemu Surya Paloh di kantor Partai NasDem, Jakarta Pusat, Jumat (2/5/2014) malam.

Jokowi sendiri kepada wartawan menyatakan agar publik bersabar menunggu kapan bakal cawapresnya diumumkan. “Kurang lebih. Kalau kurang Kamis, kalau lebih Sabtu. Menunggu momentumlah, menunggu waktu yang baik,” ujarnya.

Meski demikian, Jokowi membenarkan bahwa dia telah mengantongi nama bakal cawapres pandampingnya. Demikian pula Surya Paloh dan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

“Sudah masuk di kantong saya, sudah masuk di kantong Pak Surya, sudah masuk di kantong Bu Mega. Hanya menunggu waktu yang baik,” kata dia.

Ungkapan senada disampaikan Surya Paloh. Dia mengaku, bersama Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri sudah memilih satu nama calon pendamping Jokowi. “Tinggal menunggu timing yang tepat untuk mengumumkan. Masalah cawapres tinggal menunggu hari yang baik,” katanya.

PDI Perjuangan dan Nasdem, imbuh Surya, akan mengerahkan kekuatan dan sumber daya partai untuk memenangkan Jokowi. Dia berharap, pemerintahan ke depan adalah pemerintahan baru dengan suasana baru serta menciptakan sistem presidensial yang kokoh.

“Pemerintahan yang dibangun ke depan bisa membawa perubahan ke arah Indonesia yang hebat,” katanya. (pri/*)