Tindak Lanjuti Workshop Pancasila, Rampak Sarinah Kota Blitar Donor Darah

BLITAR – 25 Anggota Rampak Sarinah Kota Blitar yang juga relawan pendukung capres-cawapres Jokowi Widodo – KH Ma’ruf Amin melakukan aksi sosial donor darah di kantor PMI setempat, Senin (28/1/2019) .

Aksi sosial itu juga diikuti 8 partisipan yang bergabung menyumbang darah. Mereka adalah keluarga anggota Rampak Sarinah.

Ketua panitia donor darah Mega Aprilia mengatakanl, kegiatan donor darah ini merupakan pelaksanaan rekomendasi hasil workshop praktek Pancasila sebagai bagian dari Sosialisasi 4 Pilar MPR yang diadakan pada tanggal 16 Desember 2018 lalu di Bukit Bunda, Kecamatan Kademangan Kab Blitar.

“Sebagaimana konsep yang kita rancang, kemanusiaan bisa mempersatukan perbedaan-perbedaan, termasuk lintas iman. Saya gembira hal itu bisa kita buktikan hari ini,” kata anggota milenial Rampak Sarinah Kota Blitar ini, lega.

Ketua Rampak Sarinah Kota Blitar, Rini Palupi menambahkan, kegiatan ini juga didorong keinginan Rampak Sarinah Kota Blitar untuk berpartisipasi dalam demokrasi secara bermanfaat.

“Manfaat ke dalam juga ada yaitu memperkuat karakter sebagai organisasi perempuan nasionalis, pro-Pancasila terutama sila,” ujar Rini Palupi.

Sedang Eva Sundari, anggota DPR RI yang menggagas dan pembina organisasi, merasa gembira karena karakter organisasi gerakan sudah muncul, inisiatif-inisiatif anggota menjadi penggerak kegiatan.

“Saya segera adakan pelatihan kepemimpinan agar kapasitas para anggota untuk jadi pelopor perubahan di lingkungan masing-masing bisa segera diwujudkan sebagaimana amanat BK,” kata Eva Sundari optimistis.

Rampak Sarinah Kota Blitar memang istimewa karena beberapa anggotanya sudah mengembangkan bisnis rumahan dengan berjualan sayur hidroponik baik secara kelompok maupun individu.

Secara berkelompok beberapa anggota sudah mengadakan kerjasama dengan Asosiasi Penjual Mie Gerobak Dorong dan beberapa individu sudah menjadi pemasok sayur untuk seminari di Wlingi.

PMI Kota Blitar pun mengapresiasi kegiatan tersebut, dan mengharapkan untuk selanjutnya bisa menjadi kegiatan rutin Rampak Sarinah dengan partisipan yang makin luas di masa mendatang.

Menurut mereka donor darah pagi tadi istimewa karena jarang sekali ada organisasi perempuan yang mau melakukan kegiatan tersebut. (guh)