Tim Transisi dan Kementerian Tindaklanjuti Pertemuan Jokowi-SBY

pdip jatim - jokowi-sby di baliNUSA DUA – Tim transisi Jokowi-JK dan kementerian pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) segera menindaklanjuti hasil pertemuan empat mata antara presiden terpilih Joko Widodo dengan Presiden SBY. Pernyataan itu disampaikan Jokowi, saat memberi keterangan pers bersama SBY di The Laguna Resort and Spa, Nusa Dua, Bali, Rabu (27/8/2014) malam.

Menurut Jokowi, dalam pertemu tertutup sekitar dua jam dengan Presiden SBY, keduanya membahas hal yang agak detil, namun belum mencakup hal-hal teknis. “Nantinya teknis lebih detail akan ditindaklanjuti tim transisi dengan kementerian-kementerian yang ada,” kata Jokowi.

Dalam jumpa pers bersama SBY itu, Jokowi juga mengungkapkan, dirinya banyak minta pandangan Presiden SBY, khususnya menyangkut APBN 2015. “Saya minta banyak sekali pandangan dari Presiden SBY, terutama berkaitan dengan APBN 2015,” kata Jokowi.

Sementara, SBY mengatakan pihaknya membuka pintu bagi tim transisi untuk mulai berkomunikasi dengan jajaran pemerintahan yang akan ditunjuknya. Hasil pembicaraan dengan Jokowi, ujar SBY, akan ditindaklanjuti dengan pembicaraan secara lebih teknis, antara tim transisi Jokowi dengan jajaran pemerintahan yang ada sekarang.

SBY menjelaskan, pertemuannya dengan Jokowi membahas seputar kebijakan dan program pemerintah selama 2014 dan juga program pemerintahan mendatang. Juga membicarakan seputar pembahasan RAPBN 2015 dan juga APBN-P 2014.

“Dengan dibukanya pintu konsultasi dalam rangka transisi pemerintahan, maka sekali lagi, tim transisi Pak Jokowi sudah dapat berkomunikasi secara resmi dengan jajaran pemerintah yang saya tugasi untuk menjalin komunikasi dan konsultasi itu,” ujarnya. (pri)