Tiga Kader Perempuan Pimpin DPC

pdip jatim - ketua-sek-dpc kab mojokerto

Hj Setia Puji Lestari (kanan) sebelum pelantikan sebagai Ketua DPC PDIP Kab Mojokerto di Hotel Utami, Juanda, Sidoarjo, Senin (9/3/2015). Insert: Fabriana Meldyawati, Ketua DPC PDIP Kota Mojokerto.

SURABAYA – Ada yang istimewa dari konfercab PDI Perjuangan yang digelar serentak di Jawa Timur selama dua hari (9-10/3/2015) kemarin. Ada tiga DPC dipimpin perempuan, ada juga kader-kader muda yang terpilih menjadi Ketua DPC.

Seperti DPC PDI Perjuangan Kota dan Kabupaten Mojokerto. Dua DPC bertetangga ini akhirnya dipimpin perempuan. Mereka adalah Setia Puji Lestari yang terpilih sebagai ketua DPC PDIP Kabupaten Mojokerto dan Febriana Meldyawati sebagai Ketua DPC Kota Mojokerto.

Setia Puji Lestari saat ini menjabat sebagai anggota Komisi D DPRD Kabupaten Mojokerto. Istri mantan Wakil Bupati Mojokerto itu terpilih untuk periode 2015-2020 menggantikan Ketua DPC lama, Ismail Pribadi yang kini menjabat Ketua DPRD Kabupaten Mojokerto.

Sementara itu, kendali PDI Perjuangan Kota Mojokerto kurun lima tahun ke depan dipegang Febriana Meldyawati. Perempuan berusia 28 tahun ini terpilih sebagai Ketua, Sekretaris dipercayakan Sunarto dan Bendahara dipegang H Santoso.

Febri menggantikan posisi ketua sebelumnya, Yunus Suprayitno. Febri mengawali karir politiknya dari bawah sebagai sekretaris Anak Ranting PDI Perjuangan Kelurahan Kranggan, Kecamatan Prajurit Kulon, Kota Mojokerto.

Pada pemilihan legislatif 2014 silam, Febri running di dapil 1 Prajurit Kulon hingga melaju menjadi anggota legislatif Kota Mojokerto. Putri anggota DPRD Jawa Timur, Gatot Supriyadi ini termasuk dalam 3 nama calon ketua bersama Sunarto dan Purnomo yang direkomendasikan DPP PDIP untuk dipilih menjadi Ketua DPC Kota Mojokerto.

“Selain saya, ada empat nama lain yang diajukan partai, yakni Sunarto, Purnomo, H Santoso, Novi Dian Lesmono. DPP kemudian mengerucutkan menjadi tiga nama kandidat, yakni saya, Sunarto dan Purnomo. Dan dalam konfercab dengan pola musyawarah mufakat, akhirnya saya yang terpilih,” ujar Febri.

Selain Setia Puji Lestari dan Febriana, kader perempuan yang menjabat Ketua DPC adalah Ir Hj Siti Muafiyah. Istri Ketua Komisi D DPRD Jatim, Bambang Suhartono ini terpilih menjadi Ketua DPC PDIP Kabupaten Gresik periode 2015-2020 pada konfercab serentak di hari kedua, Selasa (10/3/2015).

Di daerah mataraman juga muncul kader muda memimpin DPC. Adalah Doding Rahmadi (34 tahun) yang terpilih sebagai Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Trenggalek. Doding mengawali karir politiknya di PDIP sejak 2004.

Sebelumnya, pria lulusan Universitas Kadiri ini sempat menjadi sekretaris dan Ketua PAC Kecamatan Karangan. Saat ditanya tentang berbagai tantangan ke depan ketika memimpin DPC yang mayoritas pengurusnya lebih senior, Doding mengaku siap untuk memimpin dan akan mendorong seluruh jajaran kepengurusannya bekerja sebagai sebuah tim kerja yang solid.

Apalagi dalam waktu dekat Trenggalek akan menghadapi pilkada. Oleh karena itu, katanya, soliditas pengurus partai itu sangat vital. “DPC harus bisa menjaga keutuhan pasukan sebelum konsolidasi ke bawah dan ke luar partai agar bisa bertempur maksimal,” tegas dia. (sa)