The Wall Street Journal: Jokowi Bintang KTT APEC

pdip jatim - jokowi foto bareng APECHARIAN The Wall Street Journal, dalam lamannya hari Selasa (11/11), menurunkan rangkaian foto berita mengenai Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang disebut oleh media Amerika Serikat yang menjadi rujukan utama pasar keuangan global ini sebagai pemberi daya tarik paling besar dalam KTT Kerjasama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) di Beijing.

Pertemuan-pertemuan internasional menjadi alat menyatukan para pemimpin global untuk merundingkan hal-hal seperti investasi, keamanan dan kerjasama ekonomi, tulis The Journal dalam artikel berjudul “Joko Widodo Meets, Greets dan Says Cheese” itu.

Para pemimpin dunia juga terlibat dalam banyak pidato, jabat tangan dan kesempatan-kesempatan berfoto, lanjut The Journal.

The Journal lalu membahas Joko Widodo yang disebutnya tengah melakukan lawatan perdana ke luar negeri sebagai Presiden Indonesia guna menghadiri KTT APEC di Beijing.

“Kamera-kamera selalu bersama menangkap hampir setiap aktivitasnya,” tulis The Journal.

The Journal lalu menurunkan serangkaian foto pilihan mereka, mulai dari kedatangan Joko Widodo dan Iriana Widodo yang tengah menuruni Pesawat Kepresidenan begitu tiba di bandara Beijing 8 November lalu.

Kemudian, foto berikutnya saat Joko Widodo menyampaikan presentasi dengan Power Point di hadapan para pemimpin bisnis pada Pertemuan CEO APEC sehari setelah tiba di Beijing.

Setelah itu The Journal menampilkan foto Joko Widodo yang berdiri berdampingan dengan Presiden Amerika Serikat Barack Obama dan Presiden Tiongkok Xi Jinping yang juga sejajar dengannya dengan salah satu caption berbunyi “Obama yang menghabiskan beberapa tahun masa kecilnya di Indonesia menyebut negeri ini sebagai model bagi kebanyakan negara muslim.”

Foto berikutnya adalah jabat tangan diiringi senyum antara Joko Widodo dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe. The Journal menulis, “Kedua orang ini tersenyum kepada kamera, tidak seperti (suasana) yang jauh lebih dingin yang juga berlangsung pada hari yang sama antara Tuan Abe dan Presiden Tiongkok Xi Jinping.

Kembali, pada foto berikutnya, The Journal menyoroti senyuman Jokowi yang kali ini berfoto sambil jabat tangan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin yang disebut media AS ini juga ikut tersenyum dalam jabat tangan yang erat.

Namun pada akhir rangkaian berita fotonya, The Journal mencuplikan kutipan kalimat Ernest Bower, Kepala Eksekutif BowerGroupAsia, yang sebelumnya memperkirakan Joko Widodo akan menjadi bintang dan pusat perhatian KTT APEC.

Tetapi pada sebuah kegiatan hari Senin –dengan foto Joko Widodo berjalan berdampingan dengan Obama, Xi Jinping, Putin dan Sultan Brunai Hassanal Bolkiah serta terlihat pula Ibu Negara Tiongkok Peng Liyun–, The Journal menyebut Peng Liyun menjadi bintangnya, bukan Jokowi. (An/ES) – Setkab