“Tes Tulis Memang Perlu Dilakukan”

pdip jatim - tes tulis pac situbondoSITUBONDO – Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kabupaten Situbondo Narwiyoto mengatakan, tes tulis untuk bakal calon Ketua Pengurus Anak Cabang (PAC) sebagai upaya mengimplementasikan hasil Kongres Bali 2010 yang menegaskan PDI Perjuangan kembali sebagai partai ideologi.

“Tes tulis ini sebagai bagian dari semangat kembali ke ideologi Pancasila 1 Juni. Kalau teman-teman melaksanakan hasil Kongres Bali sejak lima tahun lalu, maka tes tulis ini bukan sesuatu yang sulit untuk dijawab,” kata Narwiyoto, di sela acara tes tulis bagi bakal calon Ketua PAC PDI Perjuangan di Situbondo, kemarin sore.

Untuk mengetahui sampai sejauh mana calon pemimpin PDI Perjuangan memahami ideologi partanya, lanjut Narwiyoto, maka salah satunya bisa diketahui lewat tes tulis. Sehingga dia berpendapat, tes tulis ini sangat perlu dilakukan, khususnya untuk calon pemimpin partai.

“Mana mungkin kita bisa memahami ideologi partai kalau tidak pernah membacanya. Mana mungkin bisa pahami Pancasila kalau tak pernah mendiskusikannya. Mana mungkin bisa melaksanakan Pancasila kalau kita tidak pernah menjadikan Pancasila sebagai roh perjuangan kita,” ucap Narwiyoto.

Soal memahami dan melaksanakan ideologi Pancasila ini, Narwiyoto mencontohkan Joko Widodo, kader PDI Perjuangan yang sekarang menjadi Presiden RI. Menurut dia, Jokowi tidak hanya memahami roh Pancasila 1 Juni, namun juga melaksanakan dalam menjalankan pemerintahannya.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Jatim Bambang Juwono mengatakan, tes tulis ini adalah salah satu parameter untuk mengetahui seorang kader soal pemahaman terhadap ideologi partainya. Sebab, materi tes tulis adalah ideologi partai, dan juga soal AD/ART.

“Karena kita ingin menguatkan hasil Kongres Bali 2010, di mana PDI Perjuangan kembali sebagai partai ideologis. Inilah revolusi mental menuju penguatan sebagai partai ideologis. Tes ini salah satu realisasinya,” urai Bambang Juwono.

Tahapan penyaringan bagi kader pimpinan pengurus partai tingkat kecamatan di Situbondo diikuti para kandidat dari sembilan kecamatan. Menurut Bendahara DPC PDI Perjuangan Situbondo, Rudi Afianto, proses penjaringan bakal calon Ketua PAC masih ada yang berlangsung di beberapa kecamatan.

“Penjaringan bakal calon Ketua PAC akan diselesaikan secepatnya. Untuk PAC-PAC yang belum selesai melakukan penjaringan, akan ikut tes tulis susulan,” jelas Rudi. (pri)