Terima Bintang Jasa Utama, Basarah Sampaikan Terima Kasih ke Jokowi dan Megawati


JAKARTA – Ketua Bidang Luar Negeri DPP PDI Perjuangan Dr. Ahmad Basarah, M.H dan Wakil Sekjen Drs. Utut Adianto Wahyuwidayat menerima anugerah Bintang Jasa Utama.

Ahmad Basarah menerima Bintang Jasa Utama sebagai Wakil Ketua MPR RI 2018-2019. Sedangkan Utut menerima Bintang Jasa Utama sebagai Wakil Ketua DPR RI 2018-2019.

Anugerah untuk Basarah dan Utut diberikan Presiden Joko Widodo di acara Penganugerahan bintang tanda jasa kepada 53 tokoh yang dianggap banyak berjasa bagi Indonesia. Upacara penganugerahan berlangsung di Istana Negara, Jakarta, Kamis (13/8/2020).

Baca juga: Berjasa dan Prestasinya Luar Biasa, Megawati Terima Medali Kepeloporan

Atas anugerah ini, Basarah mengatakan, bahwa tanda kehormatan berupa Bintang Jasa Utama ini, sesuai namanya, adalah sebuah penghormatan bukan hanya untuk dirinya pribadi, tetapi juga untuk lembaga MPR dan partainya, PDI Perjuangan. 

Untuk itu legislator DPR RI dari dapil Jatim Malang Raya ini menyampaikan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo dan semua pihak yang telah mempertimbangkan dirinya layak menerima anugerah yang besar tersebut.

“Secara khusus saya mengucapkan terima kasih kepada Ketua Umum PDI Perjuangan, Ibu Hajjah Megawati Soekarnoputri, yang telah memberi saya banyak kepercayaan dan tanggung jawab dalam berkarya untuk bangsa dan negara,’’ ujarnya.

Selain keduanya, anugerah serupa juga diberikan kepada Bambang Soesatyo (Ketua DPR RI 2018-2019),  Ahmad Muzani (Wakil Ketua MPR RI 2018-2019),  Abdurrahman Mohammad Fachir (Wakil Menteri Luar Negeri 2014-2019),  Amzulian Rifai (Ketua Ombudsman RI 2016-2021), Bima Haria Wibisana (Kepala BKN 2015 s.d. sekarang), Teddy Lhaksmana Widya Kusuma (Wakil Kepala BIN 2017 s.d. sekarang), serta Teguh Soedarsono (Wakil Ketua/Anggota LPSK 2008-2013 dan 2013-2018).

Bintang Jasa Utama adalah bintang medali sipil yang dikeluarkan oleh pemerintah setingkat di bawah Bintang Mahaputra. Bintang ini diberikan pada mereka yang berjasa luar biasa terhadap nusa dan bangsa pada bidang sipil atau militer.

“Penghargaan ini diberikan kepada beliau-beliau yang memiliki jasa terhadap bangsa dan negara, dan ini lewat pertimbangan-pertimbangan yang matang oleh Dewan Tanda Gelar dan Jasa. Pertimbangannya sudah matang,” kata Jokowi usai upacara penganugerahan yang digelar dengan protokol kesehatan ketat.

Pemberian anugerah tersebut dilakukan sebagai bagian dari peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI. (goek)