Telpon Raja Salman, Jokowi Apresiasi Ibadah Haji di Tengah Pandemi

JAKARTA – Presiden Joko Widodo menelpon Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud, Jumat (31/7/2020) petang sekitar pukul 18.45 WIB. Kepala Negara mengucapkan selamat Idul Adha 1441 H Raja Salman.

“Saya dan rakyat Indonesia ingin menyampaikan selamat hari raya Idul Adha 1441 H untuk Sri Baginda Raja dan seluruh rakyat Arab Saudi,” ucap Presiden Jokowi seperti dikutip dari siaran pers resmi Istana, Sabtu (1/8/2020).

Presiden Jokowi juga menyampaikan rasa syukur bahwa Raja Salman telah pulih kembali dan kini dalam kondisi sehat.

“Saya dan seluruh rakyat Indonesia mendoakan agar Sri Baginda Raja senantiasa diberkahi kesehatan,” kata Kepala Negara.

Dalam pembicaraannya tersebut, Presiden juga menyampaikan apresiasinya atas penyelenggaraan ibadah haji tahun ini yang diadakan secara terbatas akibat pandemi.

“Kami juga mengapresiasi pengaturan penyelenggaraan ibadah haji yang dijalankan dengan protokol kesehatan secara ketat dan dengan mengedepankan kesehatan umat. Mari kita terus berdoa agar pandemi ini dapat cepat teratasi,” ujar Presiden.

Dalam kondisi pandemi seperti sekarang ini, Presiden Jokowi mengajak Raja Salman untuk terus meningkatkan hubungan baik antar kedua negara, termasuk kerjasama di bidang ekonomi.

“Bapak Presiden, insya Allah, kami siap selalu untuk meningkatkan hubungan demi kebaikan dua negara,” ujar Raja Salman kepada Presiden Jokowi.

Penyelenggaraan ibadah haji 2020 berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, bahkan sepanjang sejarah yang pernah ada.

Pandemi virus corona membuat penyelenggaraan ibadah haji menyesuaikan dengan protokol pencegahan Covid-19.

Jumlah jemaah calon haji yang mengikuti penyelenggaraan ibadah haji jauh lebih kecil dari biasanya. Tercatat, hanya sekitar 1.000 jemaah.

Dalam situasi normal, jumlah jemaah dapat mencapai lebih dari 2 juta orang dari berbagai penjuru dunia. Kali ini, ibadah haji hanya diikuti oleh warga Arab Saudi atau warga negara lain yang bermukim di negara itu. (kompas)