Tatit: Percepatan Program PKT Sangat Membantu Masyarakat Saat Pandemi

NGANJUK – Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Nganjuk Tatit Heru Tjahjono menilai program infrastruktur kerakyatan atau Padat Karya Tunai (PKT) sangat penting bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

Menurut Tatit, program yang dilaksanakan Balai Besar/Balai Wilayah Sungai pada Direktorat Jenderal (Ditjen) Sumber Daya Air (SDA) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) itu tak hanya memacu pertumbuhan ekonomi dan daya beli masyarakat.

“Tapi PKT juga bertujuan mendistribusikan dana langsung ke desa,” kata Tatit, menyikapi turunnya Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3TGAI ) di puluhan titik yang tersebar di Kabupaten Nganjuk.

Dengan percepatan realisasi program PKT ini, terang Tatit, dapat mempertahankan daya beli masyarakat di tengah ekonomi global akibat pandemi Covid-19 yang terjadi sekarang.

Program itu diturunkan Ketua Komisi V DPR RI Sadarestuwati. Legislator dari dapil 8 Jawa Timur itu juga menjabat Wakil Sekjen DPP PDI Perjuangan.

Tatit yang juga Ketua DPRD Kabupaten Nganjuk menambahkan, sinergitas anggota dewan mulai dari pusat sampai daerah diperlukan. Sehingga antar wakil rakyat dari PDIP bisa saling mengisi terkait apa yang dibutuhkan masyarakat saat ini dan paling tidak bisa membantu masyarakat.

“Tujuan utama PKT di bidang SDA ini adalah membangun dan memperbaiki saluran irigasi desa yang pengerjaannya dilakukan petani atau penduduk setempat dengan upah, sehingga bisa menambah penghasilan mereka,” jelasnya. (endyk)