Tantangan PDIP Jatim, Minimal Menang Pilkada di 13 Kabupaten-Kota

SURABAYA – Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur Kusnadi mengatakan, pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020  jadi tantangan bagi dirinya dan jajaran pengurus baru hasil Konferda V.

Disebut tantangan, lantaran di pilkada serentak sebelumnya pada 2015, PDIP Jatim di bawah komandonya, mampu memenangkan 13 pilkada di kabupaten/kota.

Dengan kemenangan PDI Perjuangan di 13 kabupaten dan kota pada Pilkada 2015 itu, lanjut Kusnadi, membuat kinerjanya ke depan harus ekstra keras.

Baca juga:

> PDIP Jatim Bertekad Lanjutkan Prestasi Pemilu 2019

> KSB Tetap, Inilah Pengurus PDIP Jatim Periode 2019-2024

Setidaknya tetap mempertahankan kemenangan di 13 kabupaten dan  kota di Jawa Timur tersebut pada perhelatan pilkada serentak 2020.

“Di Pilkada 2015, PDI Perjuangan menang di 13 kabupaten dan kota. Ini tantangan bagi saya,” kata Kusnadi, Selasa (30/7/2019).

Pilkada serentak 2020, akan berlangsung di 19 kabupaten dan kota di Jawa Timur. Jika pada Pilkada 2020 PDIP memenangi pertarungan pilkada kurang dari 13 kabupaten/ kota, maka kinerja pengurus baru akan dianggap menurun.

Karena itu, sebut Kusnadi, untuk mempertahankan kemenangan pada Pilkada 2020 mendatang, perlu kerja keras yang luar biasa.

“Jika hasilnya kurang dari 13 kabupaten dan kota pada 2020, berarti kinerja saya semakin menurun. Paling tidak harus bisa bertahan,” ujarnya.

Dalam upaya mencapai target tersebut, pihaknya perlu kolaborasi dengan seluruh elemen masyarakat termasuk juga dengan partai politik lainnya. Menurutnya, PDIP merupakan partai terbuka dan mengedepankan kepentingan masyarakat.

Diketahui, pada 2020, di wilayah Jawa Timur sebanyak 19 kabupaten dan kota akan menggelar pilkada serentak, yakni Sumenep, Trenggalek, Surabaya, Banyuwangi, dan Kabupaten Blitar.

Kemudian, Kota Blitar, Kabupaten Malang, Ngawi, Kabupaten Mojokerto, Kota Pasuruan, Tuban, Lamongan, Ponorogo, Pacitan, Sidoarjo, Jember, Situbondo, Gresik, dan Kabupaten Kediri.

Pada 2015 PDIP bersama partai koalisi berhasil memenangkan 13 pilkada dari 19 pilkada se-Jawa Timur. Untuk tingkat kota, PDI Perjuangan dan partai koalisi menang di Kota Surabaya, Kota Pasuruan, dan Kota Blitar.

Sementara, untuk tingkat kabupaten, meliputi Kabupaten Blitar, Ngawi, Trenggalek, Kediri, Mojokerto, Tuban, Lamongan, Jember, Sumenep, dan Banyuwangi. (goek)