Tanpa Kerumunan Warga, Baguna PDIP Jatim Bagi-bagi Paket Anti Covid-19

SURABAYA – Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) PDI Perjuangan Jawa Timur membagi-bagikan seribu paket berisi beras, telur rebus, jamu rempah-rempah, dan masker di beberapa titik Kota Surabaya, Kamis (26/3/2020).

Partisipasi aktif Baguna Jatim dalam upaya pencegahan wabah virus Corona (Covid-19) ini menggunakan ambulans Baguna yang berkeliling di beberapa tempat di Kota Surabaya.

“Sasaran pembagian, adalah warga miskin yang ekonominya terdampak langsung akibat wabah berskala global saat ini, yakni pandemi virus Corona. Seperti tukang becak, PKL, sopir angkot, pemulung, tukang sapu jalanan, dan lainnya,” jelas Kepala Baguna PDIP Jatim SW Nugroho.

Pembagian paket anti virus Corona (Covid-19) oleh Baguna Jatim dilakukan secara senyap. Yakni, tanpa menimbulkan kerumunan warga.

“Ini sesuai instruksi pemerintah dan DPP PDI Perjuangan, dalam situasi sekarang tidak boleh ada kerumunan massa yang rentan terjadi penularan Covid-19,” ujar pria yang juga Wakil Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jatim ini.

Paket yang dibagikan, sebut Nugroho, disiapkan Tim Baguna Jatim. Untuk itu, Baguna mendirikan dapur umum untuk menyiapkan telur rebus, dan ramuan jamu tersebut, di halaman kantor DPD PDIP Jatim di Jalan Kendangsari Industri 57 Surabaya.

Masing-masing paket berisi 2,5 Kg beras, tiga telur rebus, bahan minuman dari rempah-rempah yang tinggal seduh, dan sebuah masker. “Kami bagikan hari ini dan Jumat (27/3/2020) besok,” tambah Nugroho.

Selain pembagian paket, Baguna Jatim juga membagikan leaflet yang berisi sosialisasi tentang virus Corona.

Menurut Nugroho, leaflet atau brosur tentang Covid-19 itu dibuat DPP PDI Perjuangan dan berisi informasi tentang virus Corona serta cara mencegah penularannya. (goek)