Tahun Baru, Anas Ingin Masyarakat Banyuwangi Tak Hanya Sukses

BANYUWANGI – Bupati Abdullah Azwar Anas berharap momentum pergantian tahun dari 2017 ke 2018, masyarakat Banyuwangi lebih bahagia.

“Semoga di tahun baru ini, masyarakat Banyuwangi lebih bahagia. Tidak sekadar sukses, tapi juga bahagia,” ucap Anas, usai menghadiri Malam Refleksi Akhir Tahun di Banyuwangi, Senin dini hari.

Kesuksesan, lanjut Anas, sering dipahami hanya berpaku pada capaian-capaian material saja. Tapi jika kebahagiaan, kesuksesan tak hanya bersifat material, tapi juga kesuksesan spiritual.

“Orang sukses, mungkin hanya dilihat dari materinya saja. Tapi jika bahagia, itu melampaui materi, karena sudah berkaitan spiritualitasnya,” paparnya.

Dengan kebahagiaan masyarakat tersebut, imbuh Anas, akan berdampak positif terhadap kemajuan dan kesejahteraan Banyuwangi. “Jika rakyatnya bahagia, pasti daerahnya bakal lebih sejahtera,” jelas dia.

Di malam refleksi tersebut, bupati yang juga bakal calon wakil gubernur Jawa Timur ini mengajak seluruh masyarakat mendoakan Banyuwangi. Berbagai capaian yang telah diraih pada 2017, bisa dilipatgandakan pada tahun mendatang.

“Keberhasilan Banyuwangi selama ini, tak lain berkat doa para kiai, habib, para anak yatim dan khususnya seluruh masyarakat Banyuwangi. Di tahun baru ini, kami juga memohon doa, semoga kami diberikan kekuatan dan kemudahan untuk memimpin Banyuwangi lebih baik lagi,” ujar Anas.

Pelaksanaan malam refleksi akhir tahun di Banyuwangi berjalan meriah. Refleksi akhir tahun sekaligus penutupan Banyuwangi Festival (B-Fest) 2017 ini memadukan unsur religius dan entertainment.

Sementara itu, perayaan pergantian tahun ini tak hanya digelar di Taman Blambangan.

Lima lokasi berbeda di Banyuwangi serentak menggelar kegiatan yang sama. Antara lain Bangsring Underwater, Pantai Cacalan, Grand Watudodol, Pantai Mustika dan Pantai Marina Boom.

“Alhamdulillah, acara berlangsung lancar. Selain menikmati beragam hiburan, masyarakat juga berdoa bersama untuk kebaikan di tahun-tahun mendatang,” ujar Anas.

Doa bersama tersebut dihadiri oleh KH. Muzakki Syah yang juga pengasuh PP. Al-Qadiri beserta Nyai Hajjah Halimah dari Jember. Selain itu, juga dihadiri para kiai dan habaib dari seluruh Banyuwangi.

Dalam doanya, Kiai Muzakki Syah juga berharap agar Kabupaten Banyuwangi diberikan keberkahan dan terhindar dari berbagai bencana dan musibah. (goek)