Syukuran Rakyat #Salam3Jari, Ini Jadwalnya

pdip jatim - konser rakyatJAKARTA – Relawan Jokowi akan menggelar acara pesta rakyat pelantikan presiden pada Ahad, 19 Oktober 2014, dan Senin, 20 Oktober 2014. Acara bertajuk Syukuran Rakyat #Salam3Jari itu merupakan inisiatif para relawan untuk merayakan dilantiknya presiden terpilih Joko Widodo dengan wakilnya Jusuf Kalla. (Baca: Pelantikan Jokowi, 1.000 Tukang Sampah Disiagakan)

“Acara dibuka dengan doa bersama, diikuti juga oleh Pak Jokowi,” kata panitia acara, Zuhairi Misrawi, di sekretariat relawan Jokowi di Jalan Cemara, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu, 18 Oktober 2014. “Doa bersama digelar di tiga rumah ibadah.” (Baca: Bareng Slank, Jokowi Bakal Nyanyi Salam 3 Jari)

Berikut jadwal acara Syukuran Rakyat #Salam3Jari mulai besok dan lusa:

Ahad, 19 Oktober 2014

Pukul 16.00 WIB: Jokowi hadiri doa bersama 1.000 umat Hindu se-Jakarta di Pura Agung Wira Satya Bhuana, Kompleks Paspampres, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Ia akan menyampaikan pidato.

Pukul 18.00 WIB: Jokowi salat magrib berjemaah dan ikut khataman Al-Quran 30 juz di Masjid Sunda Kelapa, Menteng, Jakarta Pusat. Selain mengaji bersama sejumlah penghafal Quran, Jokowi akan mendengarkan tausyiah dari Quraish Shihab. Acara diperkirakan dihadiri sekitar 8.000 orang.

Pukul 20.00 WIB: Jokowi bertemu uskup serta tokoh persekutuan gereja Katolik dan Kristen se-Jakarta di Gereja Katedral, Jakarta Pusat. Peserta sekitar 4.000 orang. Jokowi akan menyampaikan sambutan seusai umat Katolik dan Kristen melakukan misa.

Senin, 20 Oktober 2014

Pukul 10.00 WIB: Jokowi dan Jusuf Kalla dilantik di Gedung DPR-MPR, Senayan. Panitia Syukuran Rakyat #Salam3Jari menggelar acara nonton bareng siaran pelantikan menggunakan layar lebar di Monas berbarengan dengan konser.

Pukul 12.45 WIB: Jokowi selesai menghadiri upacara pelantikan. Jokowi tiba di Bundaran Hotel Indonesia, dan diarak menuju Monas menggunakan andong.

Pukul 14.00 WIB: Jokowi tiba di Istana Merdeka menghadiri acara pisah-sambut dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Seusai acara, Jokowi berjanji mengadakan acara open house di Istana untuk 700 warga.

Pukul 16.00 WIB: Jokowi dijadwalkan menghadiri konser rakyat di Monas. Dia akan bernyanyi bersama Slank dan musikus lainnya sampai menjelang magrib.

Pukul 19.00 WIB: Jokowi kembali ke Monas untuk menghadiri acara pelepasan 300 lampion hingga sekitar pukul 22.00 WIB.

Menurut Zuhairi, pelepasan lampion ini menjadi puncak acara Pesta Rakyat #Salam3Jari. “Pelepasan lampion dilakukan berbarengan di seluruh provinsi di Indonesia,” katanya.

Total ada 17.480 lampion yang akan diterbangkan. Di Jakarta sendiri 7.000 lampion akan dilepaskan dari Monas, Ancol, dan Taman Mini Indonesia Indah.

Sumber: Tempo