Survei UMS: Elektabilitas PDIP di Jatim Tertinggi pada Pemilu 2019

SURABAYA – Pusat Studi Anti-Korupsi dan Demokrasi (PUSAD) Universitas Muhammadiyah Surabaya atau (UMS) merilis hasil riset politik 2019. PDI Perjuangan, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dan Partai Gerindra merupakan partai politik dengan tingkat elektabilitas tertinggi di Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

“Faktor dominan dari keterpilihan ketiga Parpol tersebut di Jawa Timur lebih dominan disebabkan faktor pengusungan Capres-Cawapres pada Pemilu 2019,” ujar Direktur Eksekutif PUSAD UMSurabaya, Satria Unggul W.P. saat memaparkan hasil survei di UM Surabaya, Kamis (28/3/2019).

Sementara, sesuai prosentase pilihan partai politik masyarakat Jatim yang beragama Islam, PDI-P ada pada nomor urut pertama, kedua Gerindra dan PKB berada di urutan ke tiga.

“PDI-Perjuangan sebanyak 36,10%, dilanjutkan oleh Gerindra sebanyak 20,70%, dan PKB sebanyak 12,6%,” bebernya.

Sebagai informasi, survey PUSAD UM Surabaya itu digelar mulai 5-20 Maret 2019 dengan jumlah sampel sebanyak 1067 responden atau dengan tingkat toleransi (standart of error) 3 % dan tingkat kesalahan (α) penelitian ini adalah 5%.

Teknik pengambilan sample memakai Multi-stage Random Sampling. Dimana, lokasi diambil di 38 Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Timur. Kemudian, masing-masing Kabupaten/Kota diambil 4-5 Kecamatan untuk dijadikan sample penelitian secara proporsional.

Selain itu, dalam metode survei juga menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi pustaka untuk memperkuat paradigma survey PUSAD UMSurabaya. (jatimnow)