Surabaya Banyak Raih Penghargaan, Risma: Golnya, Masyarakat Sejahtera

SURABAYA – Wali Kota Tri Rismaharini mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah banyak mendukung kemajuan Kota Surabaya hingga meraih banyak prestasi dan penghargaan.

Meski begitu, Risma menegaskan bahwa tujuan utamanya membangun Kota Surabaya bukanlah untuk mendapat penghargaan. Tetapi bagaimana supaya warga Surabaya bisa semakin sejahtera.

“Terima kasih kepada semua warga Surabaya yang selama ini mensupport program-program Pemkot Surabaya. Penghargaan ini tidak membuat kita berhenti, karena tujuan akhir bukan untuk mendapatkan penghargaan,” kata Risma, saat memperlihatkan sederet penghargaan yang berhasil diraih Surabaya sepanjang 2018 di halaman Taman Surya, Rabu (16/1/2019).

Sejumlah penghargaan bergengsi itu, antara lain Online Populer City Guangzhou International Awards, Indeks Kota Cerdas Indonesia (IKCI) 2018, Adipura Kencana, Nirwasita Tantra, Kinerja Pengurangan Sampah, hingga Sekolah Adiwiyata.

Menurut Risma, berbagai anugerah penghargaan yang berhasil diraih itu tidak lepas dari peran serta dan dukungan masyarakat. Karena itu Risma berpesan kepada seluruh jajaran pejabat dan perangkat Pemkot Surabaya agar terus bekerja maksimal untuk melayani masyarakat.

“Karena tidak mungkin kita bisa mensejahterahkan masyarakat kalau pengelolaan kota jelek, kualitas infrastruktur atau layanan jelek, itu tidak mungkin,” ujarnya.

Risma juga mengatakan, saat seseorang dicalonkan menjadi wali kota, kepala dinas atau sebagai aparatur sipil negara (ASN), mereka pasti akan disumpah untuk melayani masyarakat dengan sungguh-sungguh.

Kata Risma, jika seorang pemimpin daerah berpegang teguh pada sumpah tersebut, maka secara otomatis kotanya pasti akan maju.

“Jadi goalnya adalah masyarakat sejahtera. Kalau muaranya di situ, maka impact atau dampak yang tidak langsung itu juga dapat penghargaan,” imbuh Risma.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Surabaya Armuji mengapresiasi sederet penghargaan yang berhasil diraih oleh Pemkot Surabaya. “Ini adalah suatu prestasi yang luar biasa di tingkat nasional, belum lagi (penghargaan) di tingkat internasional,” kata Armuji.

Oleh karena itu, pria yang juga Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Jaw Timur ini berpesan kepada seluruh pihak agar bersama-sama menjaga prestasi yang berhasil diraih tersebut. Bahkan menurutnya, sederet penghargaan yang diterima Kota Surabaya itu tidak lepas dari sosok kepemimpinan Risma yang dikenal konsisten menjaga kelestarian dan kebersihan Kota Pahlawan. (goek)