Sudah Tradisi Sejak 1999, Ketua DPRD Nganjuk Kembali Dijabat Kader PDIP

Ketua Bappilu DPC PDI Perjuangan Nganjuk Hurip Budi Karyo Cahyono

NGANJUK – Pasca rekapitulasi KPU Kabupaten Nganjuk beberapa hari lalu hasilnya sudah bisa diketahui, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan memperoleh jumlah kursi terbanyak.

Dengan demikian, partai yang selalu menang pemilu di Kabupaten Nganjuk ini bakal kembali menempatkan kadernya sebagai Ketua DPRD setempat.

Pada Pileg 2014 lalu PDI Perjuangan memperoleh 11 kursi dari 45 kursi yang ada, sedangkan pada Pileg 2019 kali ini PDIP meraup 13 kursi dari 50 kursi yang ada.

Bappilu DPC PDI Perjuangan Nganjuk Hurip Budi Karyo Cahyono, SIP mengatakan, untuk kursi Ketua DPRD tetap menjadi hak partainya selaku peraih suara terbanyak.

“Berdasarkan aturan suara terbesar akan mendapatkan hak kursi ketua dewan,” kata Yon, sapaan Hurip Budi Karyo Cahyono, Senin (6/5/2019).

“Sejak Pileg 1999 PDI Perjuangan selalu meraup suara terbanyak, apalagi untuk periode ini malah kita menambah 2 kursi,” tambah Yon.

Menurutnya, Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Nganjuk yang akan ditunjuk untuk menjadi Ketua DPRD periode 2019 – 2024.

Pada periode 2014 – 2019, posisi ini dijabat Drs Puji Santoso yang pada waktu itu sebagai Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kabupaten Nganjuk.

Tetapi, imbuh Yon, semua itu akan dikembalikan ke Partai yang mempunyai wewenang untuk memutuskan siapa yang ditunjuk untuk menempati ketua dewan. “Berdasarkan aturan dan etika fatsun politik itu wewenang partai. Keputusan partai itulah nantinya yang akan dijalankan,” tambahnya. (endyk)