Sudah Final, Kabinet Jokowi-JK Diumumkan Sore Nanti

pdip jatim - Jokowi - wartawan istana - sekabJAKARTA – Penyusunan kabinet pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla sudah selesai, dan tidak ada lagi seleksi menteri. Susunan kabinet itu akan diumumkan Presiden Joko Widodo Minggu (26/10/2014) sore nanti.

Kepada wartawan Wakil Presiden Jusuf Kalla memastikan komposisi kabinet pemerintahannya bersama Presiden Joko Widodo sudah mantap. Menurut dia, tidak akan ada perubahan lagi menjelang pengumuman sore ini di Istana Merdeka pukul 16.00 WIB.

“Ini kan nanti (soal pengumuman kabinet) di Istana. Ya tunggu aja,” kata JK, usai menghadiri acara Tahun Baru Islam di Stadion GBK, Senayan, Minggu (26/10/2014).

Bekas deputi tim transisi, Andi Widjajanto, mengatakan kabinet pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla sudah terbentuk. “Sudah fix, jadi nama-nama sudah tidak ada lagi yang diubah,” katanya di Istana Negara, Sabtu (25/10/2014).

Menurut dia, jatah menteri kabinet Jokowi untuk kalangan profesional akan bertambah. “Yang pasti komposisinya tidak 18-16, mungkin profesional bertambah,” ujarnya.

Meski demikian, Andi mengaku tidak mengetahui berapa jumlah penambahan jatah menteri untuk kalangan profesional nonpartai. Dia juga enggan menyebutkan jumlah kursi menteri untuk parpol.

Calon-calon menteri itu , katanya, sudah dihubungi untuk hadir dalam acara perkenalan menteri yang digelar Minggu sore di halaman Istana Merdeka. Di acara tersebut, para calon menteri bisa membawa keluarganya.

Para calon menteri tersebut juga sudah diberikan undangan untuk masuk Istana karena dibutuhkan akses khusus ke dalam kompleks Istana. Dalam acara itu, masing-masing menteri Jokowi akan mengenalkan diri satu persatu secara informal. (pri/*)