Suara PDI Perjuangan Meningkat di Jember-Lumajang

Arif Wibowo saat kampanye di JemberPOLITISI PDI Perjuangan Arif Wibowo tidak hanya optimistis terpilih lagi sebagai anggota DPR RI. Wakil Ketua Komisi II DPR itu juga yakin suara PDI Perjuangan meningkat ketimbang pemilu sebelumnya, di dapil IV Jawa Timur (Jember-Lumajang).

“Untuk suara, sementara saya mendapat suara terbanyak dan PDI Perjuangan kemungkinan besar kembali menang di sini (Jember-Lumajang),” ujar Arif Wibowo, Kamis (17/4/2014). D

Sesuai hitung cepat, jelas Arif, PDI Perjuangan bakal mencatatkan perolehan suara melampaui pemilu legislatif 2009. Pada Pemilu 2009, PDI Perjuangan mendapatkan sekitar 220.000 suara di daerah pemilihan ini.

Dengan suara terbanyak itu, hampir pasti dia akan bisa terpilih kembali. Mengacu data Pemilu 2009, harga kursi di daerah pemilihan Jawa Timur IV diperkirakan berkisar di angka 120.000 suara.

Berdasarkan hitung cepat internal, Arif sudah mengumpulkan dukungan lebih dari 40.000 suara per Kamis malam. Perolehan suaranya ini hampir dua kali lipat dari perolehan suara terbanyak berikutnya dari PDI Perjuangan di dapil yang sama.

Advokasi sejak mahasiswa

Arif pertama kali menjadi anggota DPR pada Pemilu Legislatif 2009. Bila politisi lain langsung terstigma melenggang ke Senayan bermodalkan uang, maka Arif membangun modal politik dari aktivitas advokasi sejak masih berstatus mahasiswa yang dia rawat sampai sekarang.

Alumni Universitas Negeri Jember ini sejak mahasiswa sudah mendampingi para petani yang tersangkut sengketa lahan. “Modal pendampingan, kepedulian, dan keikhlasan,” ujar dia.

Komunikasi dengan konstituen tak hanya dilakukan menjelang pemilu. Rumah dinasnya di Kalibata, Jakarta Selatan, pun sudah dikenal oleh para aktivis GMNI sebagai tujuan bila ada kegiatan di Jakarta.

Pada Pemilu 2009, Arif terlibat dalam proses pemilu dengan menjadi petugas hubung (LO) PDI Perjuangan di KPU. Saat ini, dia juga sudah membentuk satgas kontra kejahatan pemilu di Jember. (pri/*)