Sri Untari Gantikan Suhandoyo sebagai Ketua Fraksi

pdip jatim - sri untari ketua fraksiSURABAYA – Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jawa Timur melakukan pergantian pimpinan. Posisi ketua fraksi yang sebelumnya diduduki Suhandoyo, mulai Senin (14/9/2015) dijabat Sri Untari.

Perubahan pimpinan dan komposisi Fraksi PDI Perjuangan diputuskan dalam rapat paripurna DPRD Jawa Timur, kemarin. “Diputuskan bahwa Sri Untari kini sebagai Ketua Fraksi PDI Perjuangan. Sementara wakilnya adalah Bambang Yuwono dan Edi Parpurna,” kata ekwan Ahmad Jaelani.

Menurut Sri Untari, perubahan ini untuk meningkatkan kinerja fraksi dalam memperjuangkan dan melaksanakan garis perjuangan partai untuk kesejahteraan rakyat. Dia menyebut, pergantian ini sudah sesuai dengan kebutuhan partai, di mana ketua fraksi itu dijabat struktural partai.

“Kita tegak lurus melaksanakan amanat dan garis perjuangan partai karena fraksi itu adalah kepanjangan tangan PDI Perjuangan,” ujarnya.

Sebagai ketua fraksi, pihaknya akan melakukan berbagai upaya peningkatan kinerja dan evaluasi berbagai program kerja dalam melakukan penyerapan aspirasi rakyat, khususnya masyarakat Jawa Timur.

Semua program yang sudah berjalan baik selama kepemimpinan Suhandoyo, ujarnya, akan terus dilanjutkan dan program yang belum berjalan akan dievaluasi untuk kemudian dilakukan penyempurnaan.

Diangkatnya Sri Untari menjadi ketua fraksi memang menorehkan sejarah baru. Selama ini, sejak 1999, Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jatim belum pernah memiliki ketua perempuan.

Legislator yang juga Sekretaris DPD PDI Perjangan Jawa Timur itu adalah ketua fraksi perempuan yang pertama kalinya. Selain itu, sekarang ini, dia juga satu -satunya ketua fraksi perempuan di DPRD Jatim.

Sebagai tambahan informasi, Ketua Fraksi PDI Perjuangan yang pertama, tahun 1999, dijabat Adrianus Harsono (almarhum). Setelah itu, tahun 2004, dijabat Sirmaji Tjondropragolo, sekarang anggota DPR RI. Kemudian, pada tahun 2009, dijabat Ali Mudji. (guh)