Sosialisasi SK Konsolidasi dan Jaring Calon Ketua di 5 Dapil

pdip jatim - made cahyananegara banyuwangiBANYUWANGI – Selama dua hari, sejak Sabtu (6/12/2014), DPC PDI Perjuangan Banyuwangi menggelar rapat kerja cabang (rakercab) terkait konsolidasi organisasi. Raker mengundang pengurus mulai Ranting hingga Anak Cabang itu digelar di lima daerah pemilihan (dapil) Banyuwangi.

Tidak hanya menyosialisasikan SK DPP Nomor 066/TAP/DPP/XI/2014 Tentang Pedoman Pelaksanaan Musyawarah Anak Cabang, Konferensi Cabang, dan Konferensi Daerah. Serta, SK Nomor 067/TAP/DPP/XI/2014 Tentang Mekanisme Penjaringan dan Penyaringan Calon Ketua PAC, DPC, dan DPD PDI Perjuangan. Namun rakercab selama dua hari itu juga menjaring para bakal calon Ketua PAC, Ketua DPC Banyuwangi dan Ketua DPD Jawa Timur.

Menurut Sekretaris DPC PDI Perjuangan Banyuwangi I Made Cahyananegara, rakercab digelar di lima tempat sesuai dengan dapil. Pada hari pertama, raker digelar di Dapil 4 mengambil lokasi di Kecamatan Siliragung, dan Dapil 5 di Hall Wisata Atlanta Glenmore.

Pada hari kedua, Minggu (7/12/2014), rakercab dilaksanakan di Dapil 1, 2 dan 3 dengan lokasi berbeda. “Di Dapil 1, raker digelar di Gedung Wanita, Dapil 2 di gedung GNI Rogojampi, sedangkan Dapil 3 di gedung GNI Muncar,” jelas Made, Minggu (7/12/2014).

Terkait penjaringan bakal calon ketua, peserta raker hanya mengusulkan maksimal 3 nama pengurus yang dipercaya sebagai ketua, kepada jajaran pengurus di atasnya. Pengurus ranting mengusulkan tiga nama calon ketua PAC dan DPC, sedang pengurus PAC mengusulkan 3 nama calon ketua DPC dan DPD.

Untuk bakal calon Ketua DPC, Dewan Pimpinan Pusat (DPP)-lah nanti yang memutuskan 3 nama dari nama-nama yang diusulkan peserta raker. Ketiga nama yang direkomendasikan DPP itu yang nantinya akan dibahas saat digelar Konferensi Cabang (Konfercab) PDI Perjuangan Kabupaten Banyuwangi.

“Pemilihan ketua nanti melalui musyawarah mufakat, dan tidak akan ada voting. Jka sampai terjadi deadlock, maka DPP akan mengambil alih dan memutuskan siapa ketuanya,” jelas politisi yang juga menjabat Ketua DPRD Banyuwangi itu. (pri)