Soal Wantimpres Jokowi, Ketua DPP PDIP: Komposisinya Bagus!

JAKARTA – Ketua DPP PDI Perjuangan Hendrawan Supratikno menyatakan, keputusan Presiden Joko Widodo mengangkat sembilan orang menjadi Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) sudah tepat.

Menurutnya, susunan anggota wantimpres tersebut memiliki komposisi yang pas. “Very good! Komposisinya bagus,” kata Hendrawan kepada wartawan, Jakarta, Jumat (13/12/2019).

Menurut Hendrawan, kesembilan orang yang terpilih itu memiliki keahlian di bidangnya masing-masing.

Dengan begitu, menurutnya, kepemimpinan Jokowi ke depannya akan semakin baik. “Mewakili pelangi talenta dan DNA Indonesia,” ujar Hendrawan.

Jumat siang kemarin, Presiden Jokowi melantik 9 orang anggota Wantimpres periode 2019-2024, di Istana Negara, Jakarta. Pelantikan anggota Wantimpres ini juga dihadiri Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri

Berikut kesembilan Wantimpres Jokowi di periode keduanya menjabat Presiden:

  1. Sidarto Danusubroto (politisi PDIP)
  2. Dato Sri Tahir (bos Mayapada Group )
  3. Putri Kuswisnu Wardani (bos Mustika Ratu)
  4. Mardiono (politisi PPP)
  5. Wiranto (mantan Menko Polhukam)
  6. Agung Laksono (politisi Golkar)
  7. Arifin Panigoro (bos Medco Energi)
  8. Soekarwo (mantan Gubernur Jawa Timur)
  9. Luthfi bin Yahya (tokoh NU).

Sementara itu, Jokowi mengemukakan pertimbangan dalam memilih 9 anggota Wantimpres periode 2019-2024, yakni rekam jejak, pengalaman di bidang masing-masing. Selain itu juga terkait dengan kapabilitas dan integritas.

“Saya kira beliau-beliau ini ya memiliki kapasitas untuk memberikan nasihat dan pertimbangan kepada Presiden baik diminta maupun tidak diminta. Saya kira beliau-beliau memiliki kapasitas yang baik,” kata Jokowi menjawab wartawan usai melantik anggota Wantimpres.

Menurut Jokowi, di antara anggota Wantimpres ada yang berkaitan dengan sosial, keagamaan misalnya Gus Luthfi (Habib Lutfi bin Yahya), ada yang berkaitan dengan ekonomi misalnya Dato Tahir, misalnya yang berkaitan dengan ekonomi kecil Putri Kuswisnu Wardani, dan lain-lain.

Terkait pemilihan Wiranto sebagai Ketua Wantimpres, menurut Jokowi, karena mantan Menko Polhukam pada Kabinet Kerja itu sudah memiliki track record dan pengalaman panjang di pemerintahan, juga di TNI. (goek)